Inilah 19 SMA di Kota Depok Yang Ujian Nasional Dengan Menggunakan Komputer

Inilah 19 SMA di Kota Depok Yang Ujian Nasional Dengan Menggunakan Komputer

HarianDepok.com – Berita , Kota Depok yang dipercaya oleh Pemerintah Pusat dalam melaksanakan ‘Pilot Project’ Ujian Nasional dengan menggunakan sistem komputerisasi pada tahun 2015 kemarin sebagai percontohan kepada kota yang lainnya. Dalam pelaksanaannya tersebut, beberapa sekolah pun turut dilibatkan guna mensukseskan uji coba program percontohan pemerintah tersebut.

Melihat akan keberhasilan program percontohan tersebut yang sukses dijalankan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Depok pada waktu itu, membuat kota ber ikon belimbing dewa saat ini menerapkan kepada hampir keseluruhan sekolah yang ada di kota Depok dalam menerapkan Ujian Nasional dengan menggunakan komputer pada April 2016 mendatang.

Adapun sejumlah sekolah yang di ikut sertakan untuk menyelenggarakan ujian berbasis komputer pada April mendatang terdiri dari 19 sekolah yang dimana 10 sekolah swasta dan sembilan sekolah negeri yang memang telah memiliki sarana dan prasarana penunjang untuk melaksanakan program Ujian Nasional berbasis komputer.

Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kota Depok, Herry Pansila mengatakan, program yang rencananya akan diselenggarakan pada April besok ini telah dipersiapkannya dari jauh jauh hari ini sengaja akan diterapkan pada sejumlah sekolah dengan maksud agar dapat meminimalisir terjadinya kecurangan dan kebocoran soal yang kerap terjadi pada saat UN berlangsung.

Agar dapat mengetahui apa saja kekurangan dan kendala yang dihadapi dalam penyelenggaraannya, Herry pun mengaku telah melakukan kegiatan simulasi yang dimana dilakukan di beberapa sekolah yang telah memiliki sarana dan prasarana penunjang dalam melaksanakan kegiatan tersebut.

“Pada pelaksanaan simulasi kemarin di beberapa sekolah, kami tidak menemui kendala yang amat berat. Untuk itu kami yakin dalam pelaksanaan Ujian Nasional dengan menggunakan sistem komputerisasi dapat berjalan dengan baik dan lancar,” katanya, Senin (14/03/2016).

Dari penilaiannya, bahwa ke 19 sekolah yang rencananya akan menggelar UN berbasis komputer di April mendatang dipastikannya telah siap untuk menjalankan hal tersebut. Agar dapat berjalan dengan baik, kegiatan itu nantinya akan terus dipantau dan diawasi oleh pihaknya dengan maksud dapat menangani permasalahan yang terjadi dalam pelaksanaannya nanti.

“Akan kami awasi dan kami pantau terus perkembangannya di 19 sekolah ini. Ini kami lakukan agar seluruh kegiatan Ujian yang diselenggarakan di sekolah sekolah itu dapat berjalan dengan baik. Selain itu, pengawasan yang kami lakukan juga dimaksudkan agar dapat mengantisipasi akan adanya permasalahan yang timbul pada saat pelaksanaannya dilangsungkan,” jelasnya.

Ia pun menuturkan, ke 19 sekolah yang nantinya akan menyelenggarakan Ujian Nasional dengan menggunakan komputer pada April 2016 mendatang diantaranya adalah SMAN 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8 dan SMAN 9 Depok. Sedangkan untuk sekolah swastanya diantaranya SMA Budi Bhakti, SMA Chakra Buana, SMA Islam Dian Didaktika, SMA Avicenna, SMA Lazuardi Global Islamic School, SMA Pribadi, SMA Putra Bangsa, SMA Sejahtera 1, SMA IT Daarul Rahman dan SMA Yadika Depok.

Dengan digelarnya Ujian Nasional dengan menggunakan komputer ini diharapkannya dapat meminimalisir akan adanya kecurangan dan kebocoran soal yang kerap menjadi persoalan pada saat UN dilangsungkan.(Izl)

[ AndriIdaman/HD ]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)