Kecamatan Sawangan Optimis Sukseskan Program PIN di Wilayahnya

Kecamatan Sawangan Optimis Sukseskan Program PIN di Wilayahnya

HarianDepok.com – Berita , Sekitar 16 ribu bayi dan balita yang berusia 0 sampai dengan 59 bulan di wilayah Kecamatan Sawangan, Depok, Jawa Barat, menjadi target yang ditetapkan oleh pemerintah setempat dalam upayanya mensukseskan program Pekan Imunisasi Nasional (PIN) yang saat ini tengah digalakkan oleh Pemerintah Indonesia mencegah timbulnya penyakit cacat anggota tubuh yang disebabkan oleh virus polio.

Dari 16 ribu bayi yang ada di wilayah tersebut, sebanyak 14 ribu bayi atau sama dengan 95 persen dari total jumlah keseluruhan bayi yang ada akan menjadi target pemerintah setempat untuk divaksinasi dengan vaksin polio

Camat Sawangan, Depok, Eko Herwiyanto mengatakan bahwa target yang ditetapkannya sebanyak 14 ribu bayi dan balita di penyelenggaraan PIN di tahun 2016 ini, bakal menjadi satu hal yang akan diprioritaskannya guna mendukung Pemerintah Kota (Pemkot) Depok dalam mewujudkan kota Depok yang sehat dan menjadi Kota Layak Anak.

“Sebanyak 14 ribu bayi dan balita yang menjadi target kami dalam PIN di tahun ini, akan kami capai semaksimal mungkin dengan memberdayakan tenaga kesehatan dan kader kader yang tersebar di seluruh wilayah Sawangan dalam mensukseskan program PIN di wilayah kota Depok. Jumlah ini optimis kita raih sampai dengan akhir acara PIN yang jatuh pada tanggal 15 Maret 2016 mendatang,” tuturnya, Kamis (10/03/2016).

Agar dapat memaksimalkan kinerja dalam mencapai target tersebut, Eko mengaku telah menerjunkan beberapa tim nya untuk melakukan sweeping ke rumah rumah warga yang diketahui masih memiliki anak usia 0 sampai dengan 59 bulan untuk diberikan vaksin polio secara oral.

“Usai perdana PIN dilaksanakan, pihak kami akan mengevaluaksi kembali berapa saja yang sudah mendapat vaksinasi polio, dan esok harinya, pihak kami akan melakukan sidak ke tiap tiap rumah warga yang memiliki bayi dan balita untuk diberikan vaksinasi bila belum mendapatkannya,” jelasnya.

Dari pengakuannya, ada sebanyak 117 pos PIN yang didirikan dan disebar di seluruh wilayah Sawangan oleh pihaknya dimaksudkan agar dapat memudahkan seluruh masyarakat khususnya warga Kecamatan Sawangan dalam mendapatkan vaksin polio sehingga dapat terealisasikan kota Depok yang terbebas dari ancaman polio.

Sementara itu, sekretaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok, Ernawati menjelaskan bahwa penyakit polio merupakan salah satu penyakit menular yang amat sangat berbahaya bagi perkembangan manusia. Penyakit tersebut juga tidak dapat disembuhkan dan hanya bisa dicegah dengan diberikannya vaksin seperti imunisasi polio.

“Pemberiam vaksin polio ini merupakan salah satu tambahan imunitas kepada anak anak Indonesia agar mereka tidak terserang dari virus yang amat berbahaya tersebut. Akibat dari terserang virus tersebut, dapat melumpuhkan anggota tubuh si penderita dan ini tidak bisa diobati namun hanya bisa dicegah saja,” katanya

Maka daripada itu, dirinya menghimbau kepada seluruh masyarakat khususnya warga kota Depok agar segera membawa bayi dan anak anaknya ke pos PIN ataupun ke Puskesmas terdekat guna diberikan imunisasi polio agar dapat terhindar dari resiko terserang penyakit berbahaya tersebut.(Izl)

[ MuhammadKhotib/HD ]

Tags: