Langkah Langkah Pemkot Depok Atasi Kemacetan di Wilayahnya

Langkah Langkah Pemkot Depok Atasi Kemacetan di Wilayahnya

HarianDepok.com – Berita , Pemerintah Kota (Pemkot) Depok di bawah kepemimpinan Idris Abdul Idris saat ini memiliki sejumlah program unggulan terkait penanganan kemacetan yang terjadi di wilayah kota Depok terutama di jalan jalan protokolnya seperti Jalan Margonda Raya, Juanda dan Sawangan yang kerap padat merayap pada saat jam jam kerja.

Beberapa program unggulan yang rencananya akan direalisasikan secepat mungkin untuk mengatasi kemacetan yang terjadi di kota Depok salah satunya adalah dengan membangun ‘under pass’ dan ‘Fly Over’ di sejumlah jalan protokolnya seperti Sawangan sehingga diharapkan dapat mengurai kemacetan di Depok.

Dari pantauan dilapangannya, pada akhir pekan kota Depok kerap dilanda kemacetan yang cukup parah yang dimana pada saat saat tersebut, jumlah ruas jalan sudah tidak sesuai lagi dengan jumlah kendaraan dan penduduk kota Depok sebanyak 2 juta jiwa yang dimana lebih besar ketimbang jumlah jalan jalan yang ada di kota Belimbing Dewa saat ini.

Walikota Depok, Idris Abdul Shomad mengungkapkan bahwa pihaknya dalam waktu dekat ini berencana melakukan beberapa upaya dalam mengatasi kemacetan yang terjadi di wilayah kota Depok saat ini tanpa harus melakukan pelebaran jalan yang kerap terkendala oleh beberapa hal seperti permasalahan pembebasan lahan yang memakan waktu tidak sedikit.

“Persoalannya tidak hanya di pelebaran jalan saja, melainkan permasalahan di ruas jalan menuju Selatan ke Utara dan Barat ke Timur, inilah yang menjadi permasalahannya,” tuturnya kepada awak media dilapangan, Selasa (08/03/2016).

Oleh sebab itulah hambatan dan kendala tersebut memutuskan Pemkot Depok dalam waktu satu hingga dua tahun mendatang belum ada rencana untuk melakukan pelebaran jalan yang biasa dilakukan oleh pemerintah kota dalam menangani permasalahan kemacetan di kotanya.

Hal inipun juga dilandasi oleh adanya arahan dari Gubernur Jawa Barat yang mengatakan jangan sampai rencana pelebaran jalan untuk mengatasi kemacetan justru menjadi permasalahan baru seperti adanya permasalahan di pembebasan lahan dan yang lainnya. Oleh sebab itu, Pemkot Depok berencana menggandeng para pakar tata kota dari Universitas Indonesia (UI) agar dapat membantu menyelesaikan permasalahan kemacetan di Depok saat ini.

Untuk menangani permasalahan kemacetan di kotanya saat ini, Pemkot Depok pun juga telah melakukan upaya rencana pembangunan mega proyek jalan layang Markaswangi yang menghubungkan beberapa jalan utama kota Depok yang dimana keberadaannya nanti diharapkan dapat mengurangi tingkat kemacetan di kota Depok.

Selain daripada itu, pembangunan Jalan tol Desari pun juga menjadi salah satu upaya Pemkot Depok untuk menangani kemacetan yang saat ini terjadi dikotanya yang persentase pembangunannya sudah masuk dalam tahapan penyelesaian. Meski terkendala oleh permasalahan di pembebasan lahan pada beberapa waktu lalu, namun pembangunannya terus berjalan.(Izl)

[ MuhammadKhotib/HD ]

Tags: