Mengenal Peraturan dan UU BPJS Ketenagakerjaan

BPJS Ketenagakerjaan

HarianDepok.com – Bisnis – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan adalah program yang dibentuk untuk menciptakan perlindungan bagi tenaga kerja yang ada di Indonesia. Program ini diadakan untuk mengatasi dan mengurangi resiko sosial ekonomi yang dihadapi oleh para tenaga kerja demi mencapai kesejahteraan ekonomi dan sosial. Penyelenggaraan program ini dilaksanakan dengan landasan Undang-undang dan berbagai macam peraturan yang mengikat. Hal ini tentu saja untuk menciptakan kepercayaan masyarakat dan demi kelancaran pengelolaan program perlindungan yang berjalan dengan mekanisme asuransi sosial.

Peraturan dan Undang-undang yang mengatur aktivitas program BPJS harus diketahui oleh semua peserta dan masyarakat luas. Selain dijadikan sebagai wawasan, hal ini juga perlu dilakukan untuk mengetahui landasan hukum yang mengatur setiap pengelolaan dana iuran dan berbagai manfaat BPJS yang telah diatur oleh pemerintah. Berbagai macam peraturan yang melandasi aktivitas program BPJS diantaranya yaitu Undang-undang, Peraturan Pemerintah, Peraturan Presiden, Keputusan Menteri dan Peraturan Menteri. Ada juga Peraturan UU BPJS Ketenagakerjaan yang meliputi:

  • Peraturan Nomor 01 Tahun 2014 mengenai cara pengawasan, pemeriksaan dan penyelenggaraan BPJS.
  • Peraturan Nomor 02 Tahun 2014 mengenai manfaat layanan tambahan BPJS.
  • Peraturan Nomor 03 Tahun 2015 mengenai bentuk kartu peserta, sertifikat dan berbagai formulir kepesertaan semua program.
  • Peraturan Nomor 04 Tahun 2015 mengenai mekanisme hasil distribusi pengelolaan dana Jaminan Hari Tua.
  • Peraturan Nomor 05 Tahun 2015 mengenai cara pemberian nomor, sertifikat, data kepesertaan dan pembayaran iuran jaminan pensiun.
  • Peraturan Nomor 06 Tahun 2015 mengenai pengendali mutu layanan dan pengaduan.
  • Peraturan Nomor 07 Tahun 2015 mengenai pelaksanaan pembayaran Jaminan Hari Tua.

Itulah berbagai macam informasi yang bisa diketahui dari masing-masing peraturan dan Undang-undang yang mengatur pelaksanaan program BPJS. Bagi setiap peserta, semua aturan tersebut tentu perlu diketahui agar pelaksanaan seluruh program BPJS bisa diawasi bersama-sama secara efektif. Berbagai macam informasi yang terdapat pada peraturan tersebut bisa diakses melalui website BPJS dalam kolom Peraturan. Masing-masing dokumen aturan dan undang-undang yang ingin diketahui oleh setiap peserta BPJS bisa dilihat di sana.

Selain itu, mengenali berbagai aturan dan Undang-undang yang mengatur seluruh kegiatan BPJS juga bisa Anda lakukan dengan bertanya pada petugas BPJS di kantor terdekat. Konsultasi seputar iuran, Jaminan Hari Tua dan lain sebagainya bisa dilakukan sesuai keinginan. Ada banyak fasilitas yang bisa diperoleh lewat layanan profesional yang diberikan. Jadi, Anda dapat mencari tahu banyak hal seputar program BPJS dan aneka macam manfaat yang diterima melalui prosedur yang ditawarkan. Ada juga berbagai petunjuk pembayaran JHT yang akan dicairkan bila saatnya tiba.

Dengan mengenali semua peraturan dan Undang-undang yang diterapkan oleh program BPJS Ketenagakerjaan, maka Anda akan lebih tahu dan memahami betapa penting dan bermanfaat program yang diberikan oleh pemerintah. Anda juga akan mengetahui bagaimana proses pengelolaan iuran dan manfaat BPJS yang dikelola secara profesional. Semua dilakukan secara terbuka karena tujuan BPJS diselenggarakan adalah untuk kepentingan masyarakat.

Itulah sebabnya mengakses layanan BPJS melalui website yang tersedia bisa dilakukan untuk mencari informasi seputar layanan yang ditawarkan. Anda juga bisa mengetahui petunjuk penerimaan manfaat BPJS dan Jaminan Hari Tua atau program-program layanan yang diberikan. Dengan mengenali semua seluk beluk dan informasi detail mengenai BPJS, tentu saja pemahaman yang lebih baik mengenai program bersangkutan akan semakin terbuka.

[AndriIdaman/HD]

author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)