Pemkot Depok Dapat Bantuan Dana dari Pemprov Jabar Untuk Renovasi Gedung Sekolah

Pemkot Depok Dapat Bantuan Dana dari Pemprov Jabar Untuk Renovasi Gedung Sekolah

HarianDepok.com – Berita , Pemerintah Kota (Pemkot) Depok dalam upayanya menanggulangi permasalahan sarana dan prasana sekolah di wilayahnya saat ini dianggap belum maksimal. Hal tersebut dikarenakan banyaknya rencana renovasi sekolah yang gagal dalam pelaksanaannya sehingga mengakibatkan sejumlah siswa siswi terganggu kegiatan belajar mengajarnya.

Selain itu faktor keselamatan juga sangat mempengaruhi perkembangan siswa siswi sekolah yang dimana sebanyak 75 persen dari total keseluruhan sekolah yang ada di kota Depok rawan terjadi kecelakaan. Salah satu gedung sekolah yang menjadi tumbalnya adalah SDN Kalibaru 06, Depok yang dimana atap sekolah tersebut runtuh dan menimpa sejumlah siswa siswinya.

Atas adanya permasalahan tersebut, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat akhirnya turun tangan dalam menyelesaikan permasalahan tersebut dengan memberikan bantuan dana untuk digunakan sebagai dana perbaikan dan renovasi gedung sekolah yang ada di kota Depok sebanyak 118 gedung sekolah. Dengan adanya bantuan tersebut diharapkannya dapat membantu Pemkot Depok dalam menyelesaikan permasalahan perbaikan gedung sekolah di wilayahnya.

Anggota Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Barat, Hasbullah Rahmad mengatakan, dana yang dipersiapkan untuk membantu Pemkot Depok dalam memperbaiki sejumlah gedung sekolah di wilayahnya sudah disediakan sebanyak 125 miliar rupiah yang dimana akan dibagikan kepada sejumlah sekolah dengan besaran bervariasi karena didasari oleh seberapa berat kerusakan yang ada.

“Bantuan untuk renovasi gedung sekolah di Depok sudah disediakan sebanyak 125 miliar rupiah yang nantinya akan disebarkan kembali kepada sekolah sekolah yang membutuhkan dana untuk perbaikan. Besarannya pun bervariasi mulai dari 80 sampai dengan 100 juta rupiah. Ini dilihat dari sisi seberapa besar kerusakan gedung sekolah, jadi dananya akan dikondisikan,” tuturnya, Sabtu (05/03/2016).

Tak hanya gedung sekolah di tingkat dasar saja yang mendapatkan bantuan dana tersebut, namun untuk tingkatan menengah pertama dan atas pun juga mendapatkan hal yang serupa dimana pada pelaksanaannya tidak sekedar difokuskan kepada gedung sekolah negeri saja, melainkan juga sekolah swasta yang ada di kota Depok.

Guna meminimalisir terjadinya kerusakan sebelum waktu perkiraan ketahanan bangunan ditetapkan, dirinya mengatakan amatlah perlu untuk diadakan pengawasan serta perencanaan dengan matang dengan melihat sejumlah aspek dalam penerapannya dilapangan seperti halnya kualitad bahan material yang dipakai sampai dengan prosesi perbaikannya.

“Agar tidak mebuahkan masalah baru dikemudian hari ada baiknya dilangsungkan terlebih dahulu perencanaannya dengan matang sehingga dapat mencegah timbulnya kerusakan sebelum waktunya. Oleh sebab itu, pengawasan terhadap pelaksanaannya ini harus ditetapkan mengingat hal tersebut amatlah penting dan rentan untuk tidak menjadi perhatian.

“Perencanaan dan pengawasan amatlah perlu dilakukan, karena seluruh fasilitasnya harus menjadi prioritas utama agar masyarakat khususnya yang di sekolah sekolah ini tidak dikhawatirkan lagi akan adanya permasalahan di lingkungannya,” katanya.

Dengan diberikannya bantuan tersebut kepada Pemkot Depok untuk memperbaiki gedung sekolah yang ada di kota Depok, diharapkannya dapat terus berjalan dengan baik dan dapat direalisasikan secepat mungkin agar para siswa siswi tidak dikhawatirkan lagi mengenai adanya peristiwa ambruknya atap sekolah.(Izl)

[ AndriIdaman/HD ]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)