DKUP Depok Dukung UMKM Kota

DKUP Depok Dukung UMKM Kota

HarianDepok.com – Berita , Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di suatu kota menjadi salah satu faktor penunjang perekonomian kota termasuk di kota Depok. Agar dapat lebih berkembang dan mampu bersaing dengan produk produk asal negara luar di era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) saat ini, Pemerintah Kota (Pemkot) Depok pun terus berupaya meningkatkannya dengan menggelar sejumlah program.

Beberapa program yang sudah direalisasikan dilapangan diantaranya adalah dengan memberikan pelatihan kepada para pelaku UKM agar mampu meningkatkan produksinya. Selain itu, di pelatihan tersebut juga para pelaku UKM dapat menciptakan produk produk yang bermanfaat dan berkualitas tinggi sehingga mampu bersaing dengan produk asal negara luar.

Agar pada pelaku UKM di kota Depok dapat mewujudkan hal tersebut, Pemkot Depok juga telah memberikan kemudahan kepada mereka dalam mengurus perizinan usaha yang dimana diharapkan dapat memberikan dorongan kepada para pelaku UKM agar dapat memproduksi suatu produk berkualitas.

Selain ditujukan untuk itu, hal tersebut ditujukan juga agar para pelaku UKM dapat dengan mudah memasarkan produk produk mereka sehingga para pelaku UKM dapat berkembang dengan baik dan mampu menunjang perekonomian kota.

Kepala Bidang Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kota Depok, Rina Fitriani Bahar mengatakan, pihaknya dalam mewujudkan hal tersebut akan mendelegasikan ke pihak Kecamatan agar dapat membantu masyarakat dalam mengurus perizinan usaha kecil sehingga mereka dapat dengan mudah memasarkan produk ke luar.

Adapun beberapa persyaratan dalam mengurus perizinan tersebut adalah, Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan surat pengantar dari pengurus lingkungan RT dan RW. Untuk penerapan hal tersebut, Rina mengungkapkan bahwa disejumlah kota lainnya pun sudah menerapkan hal yang serupa karena dilandasi oleh adanya instruksi dari pemerintah pusat  dalam membangun UMKM di Indonesia.

“Beberapa kota seperti Bandung, Sukabumi sudah menerapkan hal tersebut. Dan Kota Depok juga akan memberlakukan hal yang serupa dengan tujuan memberikan kemudahan kepada para pelaku UKM dalam kepengurusan izin usaha sehingga dapat mendorong mereka untuk memasarkan produk unggulan ke pasaran,” tuturnya, Jum’at (04/03/2016).

Dengan adanya kemudahan tersebut, diharapkannya dapat dimanfaatkan oleh para pelaku UKM sehingga usaha mereka dapat terus maju dan berkembang. (Izl)

[ MuhammadKhotib/HD ]

Rate this article!
Tags: