Gerhana Matahari Total 2016 Bisa Dilihat Via Streaming di Laman BMKG

Gerhana Matahari Total 2016 Bisa Dilihat Via Streaming di Laman BMKG

HarianDepok – Berita – Nasional , Gerhana matahari total yang bakal terjadi pada 9 Maret mendatang bisa dilihat via streaming di situs BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika). Menurut Kepala BMKG, Andi Eka Sakya seperti yang dikutip Tempo, pihaknya memang akan mengamati dan merekam peristiwa gerhana tersebut. Gerhana matahari total yang terjadi pad 9 Maret 2016 akan sangat istimewa bagi Indonesia. Pasalnya, negara kita menjadi satu-satunya wilayah yang bisa menangkap fenomena alam tersebut.

Ada 11 provinsi yang dilintasi gerhana matahari total tersebut, yang mencakup Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, dan Maluku Utara. Seperti yang disampaikan oleh Kepala Lapan (Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional) Thomas Djamaludin, akan ada sedikit perbedaan waktu gerhana matahari total di wilayah indonesia Barat dan Timur.

Thomas pada Januari lalu menyebut, “Gerhana matahari total di bagian timur Indonesia akan berlangsung sekitar 3 menit pukul 09.00 waktu setempat.  (Akan halnya) di bagian barat akan berlangsung sekitar 2 menit pukul 07.30 WIB.” BMKG, sementara kepada Tempo pada Februari lalu menyebut jika mereka akan merekam peristiwa terjadinya gerhana. Pengamatan ini penting untuk mengetahui perubahan yang disebabkan fenomena alam tersebut terhadap variasi medan magnet bumi.

Selain itu BMKG juga akan mengukur perubahan anomali gravitasi dan efeknya. Pengamatan ini dilakukan BMKG di tempat-tempat berbeda. Pengamatan gerhana matahari total akan dilakukan di Ternate, Palu, Tanjung Pandan dan Bengkulu. Akan halnya pengamatan gravitasi bakal terfokus di Palu. Sedangkan pengamatan medan magnet bumi dilangsungkan di Palu, Manado, Kupang, Jayapura, Pelabuhan Ratu, Tangerang dan Tuntungan, Gunung Sitoli, dan Liwa.

BMKG juga menyatakan jika masyarakat yang tidak bisa memantau gerhana matahari total di lokasi yang disebutkan di atas, tidak perlu resah. Pasalnya, BMKG akan menyediakan video streaming seputar informasi fenomena gerhana tersebut di situs BMKG. Andi Eka Sakya kepada Tempo menyebut, “GMT bisa diakses lewat Internet di berbagai tempat melalui laman resmi BMKG.”

[ TaufikHidayat/HD ]

Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok