Polio IPV Akan diterapkan di Depok Pada Juni 2016 Mendatang

Polio IPV Akan diterapkan di Depok Pada Juni 2016 Mendatang

HarianDepok.com – Berita , Pemerintah Kota (Pemkot) Depok dalam upayanya dalam memperbaiki pelayanan kesehatan di kotanya saat ini telah menerapkan sejumlah program terbaru terkait peningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat kota Depok.

Salah satu perbaikan dalam meningkatkan kesehatan di kota Depok yaitu, dengan menerapkan pemakaian vaksin polio dengan sistem IPV (Inactivated Polio Vaccine) atau biasa dikenal dengan istilah disuntik. Hal ini sengaja diterapkan oleh Pemkot Depok lantaran sudah banyak sekali negara maju yang menggunakan sistem IPV seperti ini.

Selain optimal dalam penerapannya, sistem IPV juga dianggap lebih baik ketimbang sistem oral atau tetes yang biasa dilakukan di sejumlah kota di Indonesia saat ini.

Kepala Puskesmas Rangkapan Jaya, Baru, Mira Miranti Puspita Sari mengatakan, bahwa sistem tersebut memang lebih baik daripada sistem oral ataupun tetes yang biasa digunakan oleh masyarakat belakangan ini. Ini didasari oleh adanya pengakuan dari WHO akan sistem tersebut yang dimana hasil yang dicapai lebih baik ketimbang sistem yang lainnya.

“Ya, pemberian Polio secara suntik akan dapat menghasilkan lebih baik ketimbang dengan sistem sebelumnya yaitu secara tetes ataupun oral. Dan untuk penerapannya, direncanakan akan dilakukan mulai Juni 2016 mendatang,” tuturnya seperti yang dikutip dari akun resmi Pemkot Depok, Jum’at (03/03/2016).

Ia mengungkapkan bahwa saat ini yang sudah menggunakan pemberian Polio dengan IPV sudah dilakukan di wilayah kota Depok secara serentak. Oleh sebab itulah Depok akan segera menerapkannya ke masyarakat sehingga bahaya akan adanya Polio di wilayah kota Depok akan dapat berkurang.

Selain adanya upaya Pemkot Depok dalam meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan di kotanya, hal tersebut juga didasari oleh adanya instruksi dari pemerintah pusat yang menginstruksikan kepada Pemkot agar sesegera mungkin merealisasikannya dilapangan.

Melihat adanya potensi baik atas hal tersebut, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia pun telah menargetkan bahwa pada tahun 2018 mendatang, pemberian Polio dengan sistem IPV sudah dilakukan secara penuh. Baik itu yang ditingkat kota sampai dengan di tingkat Kabupaten.(Izl)

[ AndriIdaman/HD ]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)