Jumlah Penderita DBD Meningkat, Pihak RSUD Depok Kelabakan

Jumlah Penderita DBD Meningkat, Pihak RSUD Depok Kelabakan

HarianDepok.com – Berita , Musim penghujan yang saat ini terjadi di wilayah Indonesia termasuk di kota Depok selama beberapa pekan belakangan ini membuat sejumlah serangga pembawa penyakit seperti nyamuk semakin banyak dan berkembang. Akibatnya, tidak sedikit masyarakat yang terserang penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD).

Penyakit yang timbul dengan gejala gejala seperti demam disertai panas tinggi ini, sedikitnya sudah menyerang 152 warga kota Depok sehingga harus mendapatkan pertolongan intensif oleh pihak dokter. Karena sudah melebihi dari kemampuan daya tampung rumah sakit, banyak juga yang terpaksa dirujuk ke rumah sakit lain.

Kepala Seksi (Kasie) Pelayanan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Depok, dr.Dayu Satriani mengatakan bahwa saat ini RSUD Depok hanya memiliki 71 tempat tidur yang dimana saat ini sudah dipenuhi oleh pasien yang kebanyakan menderita DBD. Mengingat akan keterbatasan kemampuan rumah sakit dalam menampung, akhirnya dengan terpaksa ada beberapa pasien yang harus dirujuk ke rumah sakit lainnya.

“Karena banyaknya pasien yang menderita penyakit DBD dan tifus serta terbatasnya daya tampung rumah sakit, membuat kami harus berfikir keras dengan langsung berkoordinasi dengan rumah sakit lainnya agar dapat membantu menangani pasien,” tuturnya di Depok, Rabu (02/03/2016).

Ia juga mengungkapkan, di RSUD Depok saat ini karena kelebihan jumlah pasien, pihaknya dengan amat terpaksa harus merawat pasien yang ditempatkan di lorong lorong agar para pasien dapat terlayani secara keseluruhan dan  cepat. Itulah salah satu solusi memecahkan keterbatasan daya tampung rumah sakit saat ini.

Dayu juga menjelaskan bahwa meski ada beberapa pasien yang dirawat di lorong lorong rumah sakit, namun untuk pelayanannya tidak sedikitpun akan dibedakan dengan pasien yang lainnya. Ini mengingat karena kebutuhan sosial yang harus diutamakan khususnya di bidang kesehatan yang amat vital untuk dikesampingkan.

“Sampai dengan saat ini, jumlah pasien penderita DBD sebanyak 152 orang yang mayoritas didominasi oleh anak anak. Jumlah ini terus meningkat mengingat akan adanya pasien yang telah keluar dan masuk,” jelasnya.

Melihat kondisi tersebut, Dayu amat mengharapkan kepada Pemerintah agar dapat segera merampungkan rencana pembangunan gedung rumah sakit agar dapat menampung lebih banyak pasien. Selain untuk ditujukan kepada hal tersebut, juga dimaksudkan agar RSUD Depok dapat memberikan pelayanan lebih baik daripada sebelumnya.(Izl)

[ AndriIdaman/HD ]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)