Gerakan ISIS Sudah Terdeteksi Masuk Indonesia Sebelum di Timur Tengah

Gerakan ISIS Sudah Terdeteksi Masuk Indonesia Sebelum di Timur Tengah.

HarianDepok.com – Berita – Internasional , Kepala Tentara Nasional Indonesia (TNI), Jenderal Moeldoko, mengadakan pertemuan internal di Mabes Polri mengenai masuknya Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) ke Indonesia.

“Setelah itu, saya akan mengadakan pertemuan di istana presiden,” kata Moeldoko kepada wartawan pada Senin, di kantornya, Cilangkap.

Dalam rapat internal, Moeldoko memanggil beberapa pejabat Angkatan Bersenjata tertinggi, salah satunya adalah, Mayor Jenderal M. Erwin Syafitri. Moeldoko meminta laporan intelijen terhadap ISIS. Namun, Moeldoko belum bersedia untuk berbagi hasil dengan media.

“Tunggu saja, izinkan saya untuk melaporkannya kepada Presiden dahulu,” kata Moeldoko.

Erwin Syafitri mengatakan telah menyiapkan laporan tentang data dan informasi tentang ISIS untuk disampaikan kepada Pak Moeldoko.

“Saya akan melaporkannya kepada Kepala Angkatan Bersenjata dulu,” katanya.

Menteri Koordinator politik, keamanan dan urusan hukum Djoko Suyanto mengatakan pada hari Senin (4/8) kemarin: “Menurut laporan yang saya terima banyak organisasi Islam, garis keras dan moderat sama, sebenarnya melawan ideologi,” katanya.

Bahkan tahanan terorisme Abu Bakar Baasyir membantah mendukung ISIS ketika ditanya oleh polisi, meskipun ada surat yang menyatakan dukungannya kepada ISIS, tambahnya.

Sementara Pemerintah menyatakan apresiasi yang tinggi kepada para pemimpin agama dan ulama yang telah menunjukkan kewaspadaan mereka terhadap kehadiran ideologi ISIS di Indonesia.

“ISIS bukanlah agama tetapi masalah ideologis,” tambahnya.

Sebelumnya, video ISIS tentang perekrutan di Indonesia yang mendesak umat Islam Indonesia untuk bergabung dengan grup beredar di internet. Gerakan dasar dari beberapa daerah seperti Solo, Malang dan kota-kota lainnya.

Deputi Bidang Pencegahan Badan Perlindungan dan Deradikalisasi Nasional Counter-terorisme, Mayor Jenderal Agus Surya Bhakti, mengatakan telah mendeteksi masuknya ISIS sebelum organisasi itu dinyatakan di timur tengah.

[adm/HD]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)