Gempa Bumi di Cina, Tewaskan Ratusan Orang

Gempa Bumi di Cina, Tewaskan Ratusan Orang

HarianDepok.com – Berita – Internasional , Sebuah gempa dengan kekuatan besar, kemarin telah menggulingkan ribuan rumah, menewaskan sedikitnya 367 orang dan melukai lebih dari 1.881 orang lainnya, di provinsi Yunnan Cina selatan.

Sekitar 12.000 rumah ambruk di Ludian, sebuah kabupaten padat penduduk yang terletak sekitar 366 kilometer (277 mil) timur laut dari ibukota Yunnan Kunming.

Menurut Survei Geologi Amerika Serikat, gempa berkekuatan 6.1 tersebut melanda di kedalaman 10 kilometer. Episentrum berada di Longtoushan kota, 23 kilometer barat daya kota Zhaotong, daerah Ludian.

Ma Liya, warga Zhaotong, mengatakan bahwa jalan-jalan di Kota Zhaotong seperti habis dilanda bom saat medan perang.

“Seperti terkena bom, semuanya hancur. Dan bahkan ini lebih parah dari medan perang paling dahsyat,: ucapnya.

Dia menambahkan bahwa rumah para tetangganya dan bangunan dua lantai yang baru dibangun, ambruk tak tersisi selain puing-puing.

Ia juga mengatakan bahwa gempa itu jauh lebih buruk daripada gempa bumi yang melanda daerah itu pada 2012 dan menewaskan 81 orang.

Pernyataan senada juga dikatakan oleh reporter berita CCTV, yang menyatakan bahwa ini adalah gempa terkuat yang melanda Yunnan dalam 14 tahun terakhir.

Tim bantuan masih terus mencari korban yang tertimbun dibawah reruntuhan, dengan lebih dari 2.500 personel dikirim ke wilayah bencana.

Minggu malam, sejumlah tim evakuasi mencoba untuk mencapai daerah bencana di sebuah kota terpencil yang juga terkena gempa.

[adm/HD]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)