MEA Diberlakukan, Pelaku UKM di Depok Diberikan Pelatihan Khusus

MEA Diberlakukan, Pelaku UKM di Depok Diberikan Pelatihan Khusus

HarianDepok.com – Berita , Pemerintah Kota (Pemkot) Depok dalam upayanya meningkatkan potensi Usaha Kecil Menengah di wilayah kota Depok, saat ini telah bekerja sama dengan PT Bratachem dan Junior Chamber International (JCI) Kota Depok yang menggelar acara pelatihan kewirausahaan untuk para pelaku Usaha Kecil Menengah sehingga mampu bersaing di dunia bisnis saat ini.

Kegiatan pelatihan yang diselenggarakan di Gedung Perpustakaan Depok pada 27 Februaru 2016 kemarin, sebanyak 74 peserta yang mayoritas para pelaku UKM di kota Depok ini, terlihat antusias menerima wejangan dari para panitia di acara pelatihan. Tema yang diangkat oleh pihak penyelenggara kali ini adalah ‘Pembuatan Produk Home Care’ dengan tujuan agar para pelaku UKM dapat membuat secara mandirir produk produk rumah tangga yang bernilai ekonomis tinggi.

Didalam kegiatan tersebut, turut dihadiri oleh sejumlah pejabat di lingkungan Pemkot Depok yang salah satunya adalah Kepala Bidang UMKM Kota Depok, Rina Fitriani Bahar dan Local President JCI Depok, Rudi Parlinggoman Sinurat.

Rudi dalam tanggapannya mengenai acara tersebut mengatakan akan terus berusaha mendukung pelaku UKM yang ada di kota Depok sehingga mampu menghasilkan produk produk yang berkualitas, bernilai ekonomis tinggi sehingga bisa bersaing di dalam dunia bisnis, baik itu secara nasional maupun internasonal.

“Acara pelatihan yang digelar kali ini sengaja diselenggarakan untuk meningkatkan potensi para pelaku UKM kota Depok agar dapat mampu bersaing dengan produk produk buatan negara tetangga. Selain daripada itu, kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat Depok,” tuturnya di Depok di sela sela kegiatan pelatihan tersebut.

Ia pun mengungkapkan, adanya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) yang sudah berjalan sejak awal tahun 2016 ini menjadikan beberapa negara anggota ASEAN mampu menjual berbagai barang dan jasa ke sesama negara anggota dengan mudah. Jadi hal tersebut eloknya harus diimbangi juga dengan melakukan hal yang sama sehingga produk produk lokal dapat dikenal dan mampu mendongkrak perekonomian menjadi lebih baik lagi.

Selain itu, pelatihan tersebut juga dimaksudkan agar dapat meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada dengan harapan dapat menelurkan produk produk yang bermanfaat, berkualitas dan sehingga dapat bernilai ekonomis tinggi. “Kami tidak ingin melihat Indonesia menjadi sasaran pasar ASEAN saja, namun kita juga harus mampu melakukan hal yang sama seperti negara lainnya,” tegasnya.

Untuk itu, dirinya melalui kegiatan pelatihan ini amat mengharapkan kepada seluruh pelaku UKM di kota Depok dapat berdiri tegak dengan membuahkan sejumlah produk produk berkualitas yang berdaya jual tinggi di masa masa MEA yang sudah berjalan sampai saat ini.(Izl)

[ AndriIdaman/HD ]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)