Resmi Dibuka, Begini Tata Cara Pendaftaran SNMPTN 2016

Resmi Dibuka, Begini Tata Cara Pendaftaran SNMPTN 2016

HarianDepok.com – Berita – Nasional , Mulai hari ini, Senin (29/02/2016) seluruh siswa kelas XII SMA sudah dapat melakukan pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2016. Ini artinya, sudah saatnya bagi pendaftar menentukan pilihan akan perguruan tinggi negeri (PTN) dan program studi untuk melanjutkan kuliah nanti. Pendaftaran SNMPTN 2016 dilakukan secara online lewat laman www.snmptn.ac.id. Terdapat beberapa langkah yang harus dilakukan masing-masing siswa agar bisa melakukan pendaftaran dengan benar.

Pertama, pendaftar yang memenuhi kriteria pemeringkatan harus menuliskan NISN dan password untuk login ke laman SNMPTN. Kedua, mereka akan mengisi biodata, pilihan PTN, dan pilihan program studi, dan mengunggah pasfoto resmi terbaru dan dokumen prestasi tambahan (jika ada). Pendaftar juga harus membaca dan memahami semua ketentuan yang berlaku pada PTN yang akan dipilih.

Bagi peserta yang mendaftar pada program studi seni atau keolahragaan, wajib mengunggah portofolio dan dokumen bukti keterampilan yang telah disahkan oleh kepala sekolah. Langkah ketiga, pendaftar mencetak kartu bukti pendaftaran sebagai tanda bukti peserta SNMPTN. Usai semua proses pendaftaran selesai, peserta harus menunggu hasil seleksi yang akan diumumkan pada 10 Mei 2016 mendatang.

Perlu diketahui, seleksi yang sering disebut jalur undangan ini menggunakan pola penyaringan berdasarkan penelusuran prestasi akademis siswa pelamar. Panitia seleksi di 78 PTN akan melihat nilai rapor semester I hingga V bagi siswa SMA/MA dan SMK yang masa belajarnya tiga tahun. Sementara bagi siswa SMK dengan masa belajar empat tahun, seleksi akan menggunakan nilai rapor sejak semester I hingga VII. Pertimbangan lain dalam seleksi tanpa tes ini adalah portofolio akademis peserta.

[ TaufikHidayat/HD ]

Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok