Google Doodle Hari Ini Turut Peringati Tahun Kabisat

 

Google Doodle Hari Ini Turut Peringati Tahun Kabisat

HarianDepok.com – TechNews , Tepatnya hari ini, Senin (29/02/2016), bisa dibilang adalah hari yang tidak dapat ditemui setiap tahun. Pasalnya, tanggal 29 Februari adalah tanggal yang hanya muncul setiap empat tahun sekali, atau yang biasa disebut dengan tahun kabisat. Sebab itu, keunikan tanggal 29 Februari ini pun turut ditampilkan Google lewat Doodle nya. Mesin pencarian raksasa tersebut menampilkan animasi singkat yang memperlihatkan dua kelinci dengan angka 28 dan 1 yang tengah tertidur.

Kemudian, muncul kelinci dengan angka 29 yang melompat masuk di antara kelinci nomor 28 dan 1. Dari animasi tersebut, bisa Nampak dengan jelas kelinci dengan angka-angka tadi menggambarkan tanggal 28, 29 Februari dan 1 Maret. Sedangkan, lompatan yang dilakukan kelinci 29 seolah menggambarkan tahun kabisat yang dalam bahasa Inggris disebut sebagai leap year. Tahun kabisat sendiri dikenal sebagai tahun ketika bulan Februari mempunyai hari tambahan, yakni 29 Februari.

Seperti yang dikutip dari laman Telegraph, Senin (29/02/2016), penambahan satu hari ini dimaksudkan untuk menyesuaikan waktu dan penanggalan Bumi dan musim yang dilaluinya. Sejarah penetapan, tahun kabisat dimulai pada masa kekaisaran Romawi di bawah kaisar Augustus. Sebelumnya, di bawah kepemimpinan Julius Caesar, Februari mempunyai 30 hari, dan bulan selanjutnya, kala itu, Juli mempunyai 31 hari. Sedangkan Agustus hanya mempunyai 29 hari.

Akan tetapi, saat kaisar Augustus memimpin, bulan Agustus yang mirip dengan namanya ditambahkan dua hari sama seperti Juli. Jadi, dua hari di Februari yang hilang dipindahkan ke Agustus untuk menambah jumlah hari di bulan itu. Sejak itu, Februari hanya mempunyai 28 hari dan tahun ketika Februari mempunyai 29 hari disebut sebagai tahun kabisat.

[ MuhammadKhotib/HD ]

Tags: