Masyarakat Depok Dihimbau Agar Menggunakan e-KTP Dengan Bijak

Masyarakat Depok Dihimbau Agar Menggunakan e-KTP Dengan Bijak

HarianDepok.com – Berita , Adanya program pemerintah yang memberlakukan Kartu Tanda Penduduk (KTP) Seumur hidup yang biasa dikenal dengan e-KTP saat ini menjadi salah satu kemajuan pemerintah dalam memperbaiki data kependudukan di Indonesia yang terintegrasi.

Melihat adanya keberhasilan pemerintah dalam melaksanakan program tersebut, juga menimbulkan kekhawatiran baru di dalam penerapannya yang dimana seperti yang diketahui di dalam e-KTP itu sendiri telah tertanam chip sensor yang rentan mengalami kerusakan. Oleh sebab itu, masyarakat diharapkan untuk berhati hati di dalam penggunaan e-KTP dalam beraktivitas.

Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Sawangan, Amanullah Sarwi pada saat dikonfirmasi Radarnews mengenai perihal tersebut mengatakan, adanya chip yang tertanam di setiap Kartu Tanda Penduduk Elektronik saat ini, amatlah rentan bermasalah apabila sering bersinggungan dengan benda benda elektronik yang lainnya.

Sehingga dikhawatirkan akan berdampak kepada hilangnya data diri di dalam chip tersebut sehingga dapat menyulitkan masyarakat ataupun petugas pada saat melakukan pendataan dengan menggunakan kembali e-KTP. Maka daripada itu dirinya menghimbau kepada seluruh masyarakat agar berhati hati dalam menggunakan e-KTP dalam beraktivitas.

Selain daripada itu, ia juga mengatakan, agar masyarakat jangan melakukan fotocopy secara berlebihan kepada e-KTP yang dikhawarirkannya dapat merusak kualitas sensor yang ada di dalam e-KTP tersebut. “Di e-KTP ada chip data masyarakat berbasis elektronik yang rentan mengalami kerusakan  apabila sering dilakukan fotocopy. Jadi gunakanlah sebaik baiknya dan menjaga identitas tersebut dari kerusakan,” tuturnya di Depok, Sabtu (27/02/2016).

Guna mengantisipasi akan terjadinya hal tersebut, ia pun menyarankan kepada masyarakat agar selalu menyisihkan sisa fotocopy KTP nya yang nantinya digunakan kembali untuk digandakan lagi tanpa harus menggunakan e-KTP yang asli. Dengan adanya upaya seperti ini, diharapkan dapat meminimalisir akan adanya kerusakan chip sensor didalamnya.

Di lain hal Sarwi juga menegaskan kepada masyarakat khususnya warga kota Depok, agar segera mengurus e-KTP nya sesegera mungkin bagi yang belum memiliki karena kedepannya e-KTP akan dijadikan sebagai dasar dan salah satu persyaratan dari setiap kepengurusan berbagai macam administrasi yang ada.

Hal ini selain ditujukan untuk mempermudah masyarakat dalam mengurus segala macam kebutuhan terkait kependudukan, hal tersebut juga ditujukan agar dapat mempermudah petugas dalam melayani masyarakat seperti di dalam pelayanan kesehatan, pendidikan dan yang lainnya.(Izl)

[ MuhammadKhotib/HD ]

Tags: