Turap Kali Cipinang Depok Jebol, Ratusan Rumah Kebanjiran

Turap Kali Cipinang Depok Jebol, Ratusan Rumah Kebanjiran

HarianDepok.com – Berita , Curah hujan tinggi yang mengguyur kota Depok dan sekitarnya sejak beberapa pekan belakangan ini membuat sejumlah jalan yang ada di wilayah kota Depok tergenang. Akibatnya, banyak para pengguna jalan terutama para pengendara kendaraan melambatkan laju kendaraannya dab menimbulkan kemacetan yang cukup parah.

Hal tersebut dapat terlihat di Jalan Margonda Raya dan Sawangan yang dimana pada kedua jalan tersebut bukan hanya digunakan oleh warga kota Depok saja, melainkan para pengendara kendaraan lainnya diluar Depok, baik untuk perjalanan pulang, ataupun hanya sekedar melintasi saja dan menuju ke kota lainnya.

Dampaknya adalah timbulnya kemacetan yang cukup parah, terlebih lagi adanya genangan air di Jalan tersebut di sepanjang musim penghujan seperti saat ini, dapat dipastikan menjadi salah satu penyumbang terbesar faktor yang menyebabkan kemacetan kota.

Selain daripada itu, intensitas curah hujan yang terbilang tinggi di kota Depok, juga menyebabkan sejumlah saluran dan kali mengalami kerusakan. Turap Kali Cipinang, Kelurahan Sukamaju, Tapos yang jebol menjadi salah satunya dampak dari curah hujan yang tinggi dan debit air kiriman yang melebihi daya tampung. Ratusan rumah yang berada disekitarnya pun menjadi tumbalnya yang tenggelam oleh banjir dikarenakan turap Kali yang jebol.

Pemerintah Kota (Pemkot) Depok melalui BMSDA Kota Depok pun juga telah mengantisipasi hal tersebut dengan menyiapkan sejumlah petugasnya di setiap Kelurahan untuk menanggulangi terjadinya bencana banjir dan yang lainnya. Dana anggaran Siap Tanggap pun juga telah disediakan guna memperbaiki sarana dan prasarana umum yang rusak akibat banjir.

Ketua LPM Kelurahan Sukamaju Baru, Supriyadi mengatakan, bahwa tanggul yang jebol di kawasan kota Depok rencananya akan segera diperbaiki di tahun ini dengan menelan biaya sekitar 1,140 miliar rupiah. Sejumlah konsultan pun juga telah datang melihat dan mengukur turap yang akan dibangun

“Rencananya tahun ini turap yang jebol ataupun rusak akan segera diperbaiki. Beberapa konsultan pun sudah datang dan mengukur turap yang akan dibangun. Perkiraan panjang turap yang akan dibangun sepanjang 250 meterpersegi,” tuturnya di Depok, Sabtu (27/02/2016).

Sejumlah warga yang terkena dampak dari jebolnya turap di wilayah kota Depok pun sangat mengharapkan akan adanya aksi nyata dari Pemkot Depok dalam menanggulangi permasalahan ini secepatnya, agar masyarakat yang berada di sekitarnya tidak lagi menjadi korban dikemudian hari.(Izl)

[ MuhammadKhotib/HD ]

Tags: