Kini, Mengurus Dokumen Pertanahan di Depok Jauh Lebih Mudah dan Cepat

Kini, Mengurus Dokumen Pertanahan di Depok Jauh Lebih Mudah dan Cepat

HarianDepok.com – Berita , Adanya sejumlah kabar yang mengatakan bahwa adanya kepengurusan surat kepemilikan rumah yang mengatakan hanya diselesaikan dalam waktu beberapa hari saja untuk wilayah kota Depok pada minggu belakangan ini akhirnya terungkap kebenarannya yang didapatkan dari sejumlah wartawan yang menelusurinya ke lingkungan pemerintah.

Dari hasil penelusuran oleh wartawan dilapangan, bahwa kabar yang menyatakan perihal tersebut ternyata terbukti kebenarannya bahwa untuk mengubah Sertifikat Hak Guna Bangun (HGB) menjadi Sertifikat Hak Milik (SHM) yang memerlukan waktu kurang lebih tujuh hari kerja saja.

Dan yang lebih menariknya lagi untuk biaya kepengurusan pengubahan surat tersebut hanyalah sebesar 60 ribu rupiah saja. Hal ini disampaikan langsung oleh salah satu petugas Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Depok yang berlokasi di Jalan Boulevard Kota Kembang, Sektor Anggrek, Jawa Barat.

Menurut keterangannya bahwa untuk mengubah SHGB menjadi SHM ada beberapa hal yang wajib diikuti oleh setiap orang yang mengajukannya dimana pada hari pertama, pemohon baru akan diarahkan untuk membeli map yang didalamnya berisi sejumlah formulir yang terdiri dari formulir pengecekan dan formulir permohonan yang dimana setiap formulirnya seharga 10 ribu rupiah.

Setelah itu, formulir tersebut harus diisi dengan lengkap oleh pemohon dan diserahkan kembali pada hari berikutnya. Berkas permohonan dan pengecekan yang telah diterima oleh petugas nantinya akan diproses kembali kebenarannta oleh pihak BPN selama lima sampai dengan tujuh hari kerja.

Apabila tidak diketemukan permasalahan didalamnya, pemohon dapat mengambil SHM serta membayar sebesar 50 ribu rupiah kepada petugas sebagai uang administrasi.  Dan jika ada permasalahan di dalamnya, maka akan ada biaya lainnya. “Biasanya memang 50 ribu rupiah saja, namun apabila ada permohonan yang bermasalah di tanahnya, maka akan dapat dikenakan biaya tambahan,” tukasnya di Depok, Sabtu (27/02/2016).

Untuk mendapatkan fasilitas tersebut, pemohon dapat langsung mengunjungi kantor BPN Kota Depok yang membuka layanannya mulai dari hari Senin sampai dengan hari Sabtu yang dimana pada Senin sampai Jum’at akan beroperasi mulai pukul 08.00 pagi sampai dengan 15.00 sore. Sedangkan pada Sabtu akhir pekan, pelayanan tersebut hanya akan dibuka mulai pukul 08.00 sampai dengan 10.00 pagi.

Sementara itu, Kepala Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Depok, Dadang M Fuad dalam menanggapi adanya kabar tersebut mengatakan, pihaknya dalam mempermudah masyarakat untuk kepengurusan mengenai pertanahan sudah dimulai sejak tahun 2015 yang lalu. Ini sebagai wujud nyata pemerintah dalam melayani kebutuhan masyarakat khususnya di bidang pertanahan.

“Kami pun juga telah melakukan program One Day Service yang kami langsungkan mulai dari 08.00 sampai dengan 10.00 pagi, untuk sistemnya para pemohon akan dilayani dalam satu hari saja yang dimana pelayanannya mencakup peningkatan SHGB menjadi SHM, pengecekan sertifikat tanah, Roya dan penggantian nama kreditur,” katanya.

Dadang pun mengungkapkan bahwa murahnya biaya administrasi yang dikenakan kepada para pemohon saat ini dikarenakan oleh adanya Notaris yang sudah disediakan oleh pihaknya sehingga biaya yang dibebankan kepad para pemohon tidak terlampau mahal.

“Notarisnya kan sudah disediakan oleh kantor, jadi para pemohon hanya tinggal datang saja dan mengajukan permohonan dan menandatangani sejumlah berkas. Mudah, cepat dan nyaman, itulah moto kami sekarang dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat,” tandasnya.(Izl)

[ AndriIdaman/HD ]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)