Tombol Reactions Kini Sudah Bisa Dinikmati Pengguna Facebook di Indonesia

Tombol Reactions Kini Sudah Bisa Dinikmati Pengguna Facebook di Indonesia

HarianDepok.com – TechNews , Untuk yang pertama kalinya, pengguna Facebook kini bisa menyampaikan respons pada unggahan temannya tidak hanya dengan tanda ‘Like’ saja. Kini tombol Reactions berupa emoji telah resmi hadir di Indonesia usai diperkenalkan secara global awal pekan kemarin. Seperti yang diketahui, tombol Reactions yang salah satunya berupa emoji Like sudah dapat digunakan oleh pengguna Facebook di Indonesia sejak Jumat kemarin (26/02/2016).

Sebelumnya, pada versi beta Reactions mempunyai 8 emoji. Sedangkan pada versi finalnya terdiri dari 6 emoji berupa Like, Love, Haha, Wow, Sad, dan Angry. Dengan demikian, emoji ‘Yay’ dan ‘Confuse’ dihilangkan di versi final. Alasan Facebook memangkas dua emoji tersebut adalah ketika dilakukan percobaan di Spanyol dan Irlandia, pengguna terlihat tidak antusias menggunakan kedua emoji tersebut.

Untuk menggunakan fitur ini terbilang sangat mudah. Pada versi Facebook mobile atau aplikasi, pengguna cukup menahan tombol Like hingga muncul berbagai pilihan Reactions. Sementara di versi desktop, pengguna cukup arahkan kursor di atas tombol Like hingga muncul berbagai pilihan Reactions. Facebook menganggap kehadiran berbagai emoji baru pada Reactions sudah cukup populer bagi pengguna di Spanyol dan Irlandia.

Bukan hanya itu, Facebook mengatakan bahwa Reactions sudah hadir pada perangkat iOS, Android, dan juga web. Perjalanan panjang mengenai kehadiran Reactions bermula ketika CEO Facebook Mark Zuckerberg berbicara kepada tim News Feed bahwa sudah waktunya Like ditambah dengan sesuatu yang lebih menyenangkan. “Semua orang pasti punya satu dua unggahan yang disukainya pada News Feed.

Begitu pula dengan saya yang menganggap bahwa Like tidak lagi bisa mewakili seluruh suasana hati,” kata Director of Engineering News Feed Facebook Tom Alison. Mark Zuckerberg sendiri lewat akun Facebook pribadinya memperkenalkan kehadiran Reactions di seluruh dunia. “Hari ini kami meluncurkan Reactions, tombol Like dengan lebih banyak emoji untuk mengekspresikan suasana hati Anda…” tulisnya.

[ MuhammadKhotib/HD ]

Tags: