Penemuan Terbaru, Genteng Bisa Hapus Polusi

Penemuan Terbaru, Genteng Bisa Hapus Polusi

HarianDepok.com – Properti , Hampir di setiap kawasan California selatan menghasilkan 500 ton oksida nitrogen per harinya. Tingginya kadar polusi di Los Angeles, Amerika Serikat, memaksa warga untuk menemukan cara dalam menanggulangi dan mengurangi tingkat polusi udara.

Menariknya, salah satu solusi untuk mengurangi polusi udara, berbentuk sederhana dan dapat digunakan dalam setiap bangunan. Solusi itu adalah genteng pembersih polusi.

Sebuah tim dari mahasiswa di University of California, Riverside (UCR), menciptakan penutup genteng yang dapat menganalisa polusi udara.

Lapisan ini terbuat dari campuran titanium dioksida. Siswa telah menghitung bahwa temuan mereka dapat menghilangkan 21 ton oksida nitrogen setiap hari, jika digunakan pada satu juta unit genteng.

Titanium dioksida adalah senyawa gabungan yang dapat ditemukan dalam berbagai produk mulai dari cat, makanan, kosmetik.

Siswa menguji berbagai tingkat titanium coating dioksida pada genteng tanah liat. Genteng ini dimasukkan dalam ruang terpisah yang dibangun dari kayu, teflon dan pipa PVC. Ruangan ini terhubung dengan sumber nitrogen oksida dan indikator nitrogen oksida. Sementara itu, mereka juga menggunakan sinar ultraviolet untuk mendapatkan sinar matahari.

Akibatnya, genteng denan lapis titanium dioksida dapat menghapus antara 88% sampai 97% dari nitrogen oksida. Dan berapa banyak pun lapisan diterapkan, kemampuan untuk menghapus oksida nitrogen tidak berbeda jauh. Karena jumlah permukaan memainkan peran yang lebih besar daripada jumlah lapisan.

Titanium dioksida buatan mahasiswa ini, tidak hanya bisa digunakan untuk ubin. Kemungkinan, komposisi ini juga dapat digunakan untuk cat eksterior, beton, dan keperluan lainnya.

[MuhammadKhotib/HD]

Tags: