Inilah Upaya Pejabat Depok Dalam Menata Kembali Fungsi Situ di Kota Depok

Inilah Upaya Pejabat Depok Dalam Menata Kembali Fungsi Situ di Kota Depok

HarianDepok.com – Berita , Banyaknya Situ yang ada di wilayah kota Depok dalam keadaan yang cukup memprihatinkan saat ini menjadi salah satu pekerjaan rumah Walikota Depok terpilih, Idris Abdul Shomad yang harus diselesaikan terkait perbaikan tatanan kota yang saat ini masih menjadi prioritas utama Pemerintah Kota (Pemkot) Depok untuk mewujudkan kota Depok yang nyaman, dan indah.

Hal tersebut pun juga menjadi perhatian sejumlah politisi Depok yang salah satunya Rienova Serry Donie yang menjabat sebagai anggoya Komisi B Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Depok yang meminta kepada pemerintah agar dapat sesegera mungkin memperbaiki dan memanfaatkan Situ yang ada di kota Depok untuk dijadikan sebagai salah satu objek wisata.

Menurutnya hal tersebut amatlah sangat perlu dilakukan mengingat banyak sekali potensi baik yang dihasilkan dari Situ yang diantaranya adalah meningkatkan pemasukan kas daerah dan dapat mengembangkan sektor wisata kota sehingga dapat mensejahterakan masyarakat sekitar.

Selain itu, dampak baik yang dihasilkan dari adanya Situ adalah dapat dijadikan serapan air kota sehingga dapat mengurangi beban kota pada saat mengalami curah hujan yang tinggi dan berpotensi mengakibatkan banjir.

Oleh sebab itu dirinya meminta pemerintah agar secepatnya melakukan revitalisasi Situ agar hal tersebut dapat terealisasikan dengan baik. “Bukan hanya direvitalisasi untuk penyerapan air saja, Situ juga dapat dimanfaatkan sebagai tempat wisata yang dapat menambah pemasukan kas daerah dan meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar,” tuturnya kepada wartawan di Depok, Jum’at (26/02/2016).

Ia pun telah mengajukan rancangan peraturan daerah mengenai pariwisata alam dan sampai saat ini Raperda tersebut masih terus digodok dan di kaji lebih dalam untuk mengembangkan potenai wisata alam situ dan taman hutan raya.

Sementara itu, Kepala Seksi Pembangunan Bidang Sumber Daya Air Kota Depok, Bahtiar Ardiyansyah mengatakan bahwa untuk merevitalisasi dan memperbaiki sejumlah Situ yang ada di wilayah kota Depok masih terkendala dengan kurangnya alat berat yang digunakan untuk menormalisasi dan memperbaiki situ.

Selain daripada itu proyek normalisasi pun juga mendapatkan sejumlah hambatan yang lainnya dimana pada situ terdapat keramba liar yang dibangun oleh masyarakat sekitar dan menolak untuk dibongkar. Oleh sebab itu, perbaikan di sejumlah Situ masih belum sepenuhnya dilakukan.

Di lain hal, pendangkalan yang terjadi di situ yang bervariasi serta tumbuh tumbuhan yang tumbuh disekitarnya juga menjadi salah satu permasalahan yang dihadapi pihaknya selama ini dalam mengembalikan fungsi situ. Meski demikian, pihaknya akan terus bekerja semaksimal mungkin dalam memperbaiki situ yang ada di wilayah kota Depok.

Perlu diketahui juga bahwa, pada beberapa waktu lalu, pihak kepolisian kota Depok bersama sama dengan Kodim 0508 Kota Depok rutin melakukan pemangkasan tumbuh tumbuhan liar yang tumbuh di sekitaran kawasan Situ dengan maksud agar dapat membantu mengembalikan fungsi situ sebagai salah satu tempat serapan air kota.

Walikota Depok, Idris Abdul Shomad pun pada saat dirinya masih menjabat sebagai Wakil Walikota Depok juga pernah mengatakan akan berusaha mengembalikan fungsi situ yang ada di wilayah kota Depok secepat mungkin. Untuk merealisasikannya, ia pun juga telah mempersiapkan dana sebesar 30 miliar rupiah yang nantinya akan disalurkan untuk penataan dan perbaikan saluran air di kota Depok.(Izl)

[ MuhammadKhotib/HD ]

Tags: