Banjir Lumpuhkan Aktivitas Warga Jakarta Utara

Banjir Lumpuhkan Aktivitas Warga Jakarta Utara

HarianDepok.com – Berita – Nasional , Akibat hujan deras yang mengguyur Jakarta sejak Rabu malam hingga Kamis petang membuat sejumlah kawasan di Jakarta Utara lumpuh akibat dikepung banjir. Genangan air dengan ketinggian antara 20 hingga 50 cm meter terjadi di sejumlah wilayah terutama di Koja, Cilincing dan Kelapa Gading, Jakarta Utara. Seperti Kampung Deret RT 10/5 Kel Semper Barat, 50 rumah terendam banjir dengan ketinggian 50 cm. Genangan air itu membuat masyarakat sulit beraktivitas.

“Banjir ini disebabkan karena luapan Kali Cakung Lama yang belum diturap,” kata Ketua RT 10/5 Semper Barat, Senja Mujia. Banjir juga menggenangi rumah warga di Kampung Kandang Semper Barat. Banjir disebabkan luapan Kali Gubuk Genteng yang belum dinormalisasi. Rumah warga tergenang dengan ketinggian air antara 50 hingga 60 cm.

“Kalau kali ini belum tuntas dinormalisasi maka dampaknya banjir terutama pada saat hujan deras turun. Padahal dulu pada saat Jokowi Gunernur beberapa kali mengatakan akan melakukan normalisasi tapi kenapa sampai saat ini belum juga dilakukan,” ujar Jumadi warga Semper Barat. Parahnya lagi, taman-taman di RR 012 dan 13/4, Semper Barat juga tergenang dengan ketinggian antara 50 hingga 60 cm. Padahal taman tersebut baru dibetuli beberapa waktu lalu.

Genangan banjir juga terjadi di Kampung Rawa Indah Sukapura. Tingginya curah hujan membuat kali Cakung Lama Meluap. Meski ketinggian air mencapai 50-65cm namun belum ada warga yang mengungsi. “Untuk berjaga-jaga kita sudah siapkan 9 titik lokasi pengungsian bagi warga sukapura yang terkena banjir” kata Anggoro Budi Lurah Sukapura. Sementara itu banjir juga terlihat di Kampung Kasepatan RW 5 Rorotan. Ketinggian air dari 35 -60 cm.

Walau belum ada warga yang mengungsi, tetapi kecemasan warga akan banjir besar akan datang menjadikannya sangat khawatir musibah akan menghantui mereka. “Kalau sampai malam ini hujan deras maka terpaksa warga akan mengungsi di tepi jalan insfeksi Kali Cakung Draine” kata Tohir ketua kelompok warga Kasepatan. Genangan air juga terlihat di Jalan Boulevar, Kelapa Gading. Akibat genangan itu akses jalan tersebut sempat terputus akibat genangan air yang cukup tinggi antara 40 hingga 60 sehingga kendaraan tidak bisa melintas.

[ TaufikHidayat/HD ]

Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok