Kepala DKP Depok, Zamrowi Dukung Penuh Penambahan RTH di Kota Depok

Kepala DKP Depok, Zamrowi Dukung Penuh Penambahan RTH di Kota Depok

HarianDepok.com – Berita , Adanya keputusan dari Pemerintah Pusat yang menginstruksikan mengenai Ruang Terbuka Hijau (RTH) sebanyak 30 persen dari total luas wilayah suatu kota, mendapatkan respon yang positif dari berbagai kalangan terutama para pecinta lingkungan yang dimana sangat mengharapkan kebijakan tersebut dapat terealisasikan dengan baik di seluruh wilayah di Indonesia.

Di kota Depok sendiri, sampai dengan saat ini terus berupaya menambah jumlah RTH di wilayahnya dengan menerapkan sejumlah program yang diantaranya telah mewajibkan para pengembang untuk menyisihkan lahannya untuk dijadikan RTH. Selain daripada itu, Pemkot Depok pun kerap melakukan penertiban bangunan liar di sejumlah lokasi.

Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Depok pun dalam dukungannya mengenai perihal tersebut mengaku akan berupaya menambah jumlah taman tematik dan taman terintegrasi di setiap Kelurahan yang ada di wilayah kota Depok agar target RTH yang direncanakan akan selesai pada 2019 mendatang dapat terealisasikan dengan baik.

Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Depok, Zamrowi mengatakan, sesuai dengan visi dan misi Walikota dan Wakil Walikota Depok yang baru maka pihaknya akan mengakomodirnya dengan membangun sejumlah taman tematik dan taman terintegrasi. Hal tersebut merupakan salah satu upaya pihaknya dalam memenuhi target RTH di kota Depok.

“Kedepannya akan ada sejumlah taman baru yang akan dibangun dan difungsikan sebagai sarana tempat berkumpulnya warga. Ini adalah salah satu upaya kami dalam mendukung program pemerintah yang dimana telah menginstruksikan agar dapat melengkapi jumlah RTH sebanyak 30 persen dari total keseluruhan wilayah kota Depok,” tuturnya di Depok, Rabu (24/02/2016).

Ia pun menuturkan bahwa taman yang sudah ada saat ini telah dibuka dan dibangun diantaranya adalah Taman Jatijajar, Lembah Mawar, Proklamasi, Lembah Gurame, mini Arboretum SMAN 10, Taman Anggrek, Taman Lingkar Luar UI, Taman Lembah Leli, Taman UPS Brimon, Taman Separator Pedestrian Margonda, Sempadan Sungai Cikumpa, Taman Sukatani dan 30 taman lainnya yang ada di tingkat RW yang tersebar di 18 Kelurahan kota Depok.

Zamrowi pun menghimbau apabila ada masukan ataupun usulan dari masyarakat yang ingin menambahkan taman di wilayahnya dapat langsung memberikan masukannya tersebut ke pihaknya jika memang ada fasilitas umum yang memang belum terpakai untuk dijadikan sebagai RTH.

Dengan adanya dukungan dari masyarakat, dirinya yakin Kekurangan lahan RTH yang ada di wilayah kota Depok dapat tercapai dengan baik dan maksimal sebelum tahun 2019 mendatang.(Izl)

[ AndriIdaman/HD ]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)