Plastik Belanja di Depok Rencananya Akan Dihargai 15 Ribu Rupiah

Plastik Belanja di Depok Rencananya Akan Dihargai 15 Ribu Rupiah

HarianDepok.com – Berita , Pemerintah Kota (Pemkot) Depok dalam menjalankan instruksi dari Kementerian Lingkungan Hidup mengenai penerapan plastik berbayar di kotanya saat ini, mendapatkan dukungan penuh dari sejumlah pengusaha retail di kota Depok yang langsung menerapkannya dilapangan dengan membanderol harga plastik bervariasi.

Selain ditujukan agar dapat menekan produksi sampah plastik di Indonesia, hal tersebut juga diharapkan dapat merubah perilaku masyarakat agar dapat lebih peduli terhadap kelestarian lingkungan dan kebersihan sehingga dapat terwujudkan kota Depok yang sehat, nyaman dan asri.

Agar tidak membebani masyarakat dalam penerapannya, Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Depok, Wijayanto pun menghimbau kepada seluruh masyarakat agar selalu membawa keranjang belanja sendiri dari rumah sebagai dukungan untuk menciptakan kota Depok yang  bersih dan terbebas dari sampah plastik.

Namun, guna memaksimalkan hal tersebut, Wijayanto berencana akan melakukan pembuatan kantong plastik berbayar dengan kualitas baik dan tahan lama seharga 15 ribu rupiah per kantong plastiknya agar masyarakat tidak perlu membeli kantong plastik lagi pada saat berbelanja yang ke sekian kalinya.

“Kalau saya menginginkan kantong plastik yang berbahan baik dan bisa dipakai selama satu sampai dua tahun lamanya dengan harga 15 ribu rupiah. Ini untuk solusi agar masyarakat tidak perlu membeli lagi kantong belanja pada saat mereka berbelanja,” ujarnya di Depok, Rabu (24/02/2016).

Dari penuturannya bahwa adanya program yang dilakukan oleh pemerintah pusat saat ini dalam menangani limbah plastik bukan soal harga kantong plastiknya saja yang murah ataupun yang mahal. Namun hal tersebut lebih condong kepada semangat untuk mengurangi kantong plastik. “Saya menghimbau kepada masyarakat agar selalu bebelanja dengan menggunakan tas belanjaan sendiri,” katanya.

Ia pun mengungkapkan bahwa dana yang nantinya berhasil dikumpulkan oleh para pengelola retail yang menerapkan kebijakan tersebut, nantinya dapat memanfaatkan dana tersebut untuk menyelenggarakan program lingkungan agar dapat menciptakan lingkungan yang sehat, bersih dan terbebas dari limbah plastik.(Izl)

[ MuhammadKhotib/HD ]

Tags: