Kadisdukcapil Depok, Data Kependudukan Faktor Penting Penunjang Suksesnya Berbagai Program

Kadisdukcapil Depok, Data Kependudukan Faktor Penting Penunjang Suksesnya Berbagai Program

HarianDepok.com – Berita , Sulitnya penerapan sejumlah program untuk memajukan masyarakat agar lebih baik lagi banyak sekali tersendat pelaksanaannya dikarenakan terganjal oleh beberapa hal yang dimana data kependudukan menjadi salah satu ganjalan pemerintah dalam merealisasikan sejumlah program.

Maka daripada itu, guna mempermudah Pemerintah Kota (Pemkot) Depok dalam mensukseskan sejumlah program harus diawali dengan diperbaikinya terlebih dahulu data kependudukan dengan harapan dapat mendukung Pemkot Depok membangun kotanya menjadi lebih baik lagi dan semakin berkembang.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) kota Depok, Misbahul Munir  dalam tanggapannya mengenai perihal tersebut mengatakan, bahwa pada dasarnya data kependudukan merupakan salah satu hal yang digunakan untuk mensukseskan berbagai program pemerintah sehingga dapat berjalan dengan baik dan tidak terhalang.

“Berbagai program yang ada di kota Depok pada dasarnya itu semua menggunakan data kependudukan, baik untuk melihat kondisi penduduknya saat ini ataupun dimasa yang akan datang. Hal ini amatlah penting untuk mensukseskan suatu program. Jadi apabila data kependudukannya sudah baik, saya yakin berbagai program akan dapat dilakukan dengan mudah dan cepat,” ujarnya di Depok, Rabu (24/02/2016).

Ia menjelaskan bahwa banyak hal yang didapatkan dari pemanfaatan data kependudukan yang dimana dapat dimanfaatkan untuk pelayanan publik, aplikasi anggaran, penegakkan hukum dan pencegahan kriminal dan perencanaan pembangunan.

Dari beberapa kegiatan tersebut akan tidak dapat berjalan dengan maksimal tanpa adanya dukungan dari data kependudukan yang dimana data kependudukan menjadi salah satu faktor sensitif dalam pembangunan suatu kota. Oleh sebab itu data kependudukan harus dimiliki oleh masing masing pemerintah daerah.

“Data kependudukan adalah salah satu faktor penting penunjang pembangunan di kota Depok, terlebih lagi kepada kami di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil yang notabenenya memberikan pelayanan kepada publik,” katanya.

Oleh sebab itu dirinya mengharapkan kepada seluruh instansi terkait seperti Kelurahan agar dapat terus meningkatkan pelayanannya dalam hal data kependudukan agar dapat merealisasikan hal hal tersebut.

Selain daripada itu pelayanan kependudukan yang ada di kelurahan saat ini juga diharapkan dapat memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam mengurus data kependudukannya secara cepat dan mudah tanpa harus melakukannya di kantor Disdukcapil.(Izl)

[ MuhammadKhotib/HD ]

Tags: