Chaidar Klaim 2 Juta Orang Indonesia Telah Bersumpah Ikut ISIS

Chaidar Klaim 2 Juta Orang Indonesia Telah Bersumpah Ikut ISIS.

HarianDepok.com – Berita – Nasional , Pengamat teroris Al Chaidar mengaku anggota Negara Islam Irak dan Suriah Raya (ISIS) telah berhasil mengajak 2 juta orang Indonesia. Meskipun tidak ada data pendukung, ia mengatakan telah menerima informasi langsung dari rekan kerja yang bergabung dengan grup di Irak.

“Klaim ini berasal dari mantan anggota ISIS yang telah kembali ke Indonesia,” kata Al Chaidir, Sabtu (2/8).

Pada 2013, ia menduga 56 orang Indonesia dari berbagai organisasi Muslim dan kelompok perdagangan berangkat ke Irak untuk bergabung dengan grup. Mereka bertemu selama perjalanan mereka ke Arab Saudi untuk melaksanakan haji atau umrah. Dari jumlah di atas, sekitar 16 orang telah kembali ke Indonesia dan terus merekrut anggota di daerah masing-masing.

Para anggota ISIS telah kembali dan merekrut 2 juta orang yang tersebar di sejumlah daerah Indonesia. Selain Jawa, kelompok ini juga diberi balasan anggota di Timur dan Kalimantan Selatan, Medan, Lampung, Riau dan Madura. Mereka merekrut orang-orang berusia 30 sampai 40 tahun, dan mayoritas adalah anggota organisasi radikal di Indonesia.

Sementara pakar terorisme Al Chaidar melihat bahwa Negara Islam Irak dan Suriah Raya (ISIS) bukanlah kelompok teroris.

“Kelompok radikal atau teroris tidak akan pergi pada rapat umum dan menampakkan dirinya di depan umum,” kata Al Chaidar Tempo kemarin.

Chaidar mengatakan anggota ISIS yang merekrut masyarakat di Indonesia tidak akan melakukan tindakan radikal di negara mereka sendiri, tetapi mereka akan bertarung dengan pemimpin ISIS Abu Bakar al Baghdadi untuk mendirikan kekhalifahan Islam di Timur Tengah.

[adm/HD]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)