Wabah Ebola Merenggut 729 Nyawa di Afrika

Wabah Ebola Merenggut 729 Nyawa di Afrika

HarianDepok.com – Berita – Internasional , Wabah Ebola telah menyapu seluruh Afrika Barat, di mana 729 orang telah meninggal karena virus mematikan ini sejak akhir Maret lalu.

AS telah mengeluarkan advisory terhadap wisata yang ingin berwisata ke tiga negara yang terkena dampak terburuk dari virus ini, yaitu Guinea, Sierra Leone dan Liberia, yang telah melaporkan 1.322 kasus soal Ebola.

Bahkan Sierra Leone telah menyatakan keadaan darurat dari wabah Ebola.

“Ebola memburuk di Afrika Barat,” kata Thomas Frieden, direktur Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC).

“CDC, bersama dengan beberapa tim mencoba menuntaskan wabah penyakit ini. Dan pasti tidak akan cepat, tidak akan mudah. Tapi kita tahu apa yang harus dilakukan. Wabah saat ini kian memburuk. Ini yang terbesar, yang paling kompleks, dan yang pertama kalinya di wilayah ini,” sambungnya.

Ebola adalah virus hemorrhagic yang sangat menular yang memecah dinding sel epitel pembuluh darah untuk memicu perdarahan internal dan eksternal secara luas. Gejala awal termasuk demam mendadak, nyeri otot, kelelahan, sakit kepala, sakit tenggorokan, muntah dan diare. Bentuk infeksi terburuk adalah perdarahan internal dan eksternal yang beresiko kematian.

Tidak ada obat yang efektif atau vaksin untuk mengobati virus yang telah menewaskan lebih dari 60% warga yang terinfeksi dalam wabah saat ini.

Infeksi menyebar melalui cairan tubuh dan dapat menyebar bahkan setelah tewas.

Cara terbaik untuk mengontrol penyakit ini dengan menggunakan langkah-langkah kesehatan masyarakat tradisional, seperti mengidentifikasi mereka yang sakit, pemantauan mereka selama 21 hari “demam menonton” untuk melihat gejala awal, kemudian menempatkan mereka dalam ruang isolasi sampai mereka tidak lagi menular.

[adm/HD]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)