Pembangunan Jalan Layang Markaswangi Harus Diimbangi Dengan Pembangunan Infrastruktur Kota Lainnya

Pembangunan Jalan Layang Markaswangi Harus Diimbangi Dengan Pembangunan Infrastruktur Kota Lainnya

HarianDepok.com – Berita , Adanya proyek pembangunan jalan layang di wilayah kota Depok yang menghubungkan jalan Margonda, Kartini, Dewi Sartika dan Jalan Siliwangi yang bertujuan agar dapat menekan jumlah kemacetan yang terjadi di kota Depok diperkirakan akan usai pembangunannya selama empat periode masa kepemimpinan Walikota.

Selain proyek pembangunan yang memakan biaya yang besar dan juga memakan waktu yang cukup lama, pembebasan lahan pun menjadi salah satu faktor penyumbang terbesar di kedua hal tersebut. Maka daripada itu, Pemerintah Kota (Pemkot) Depok sambil mempersiapkan hal tersebut, pihaknya juga tengah melakukan perencanaan yang lainnya.

Hal tersebut dikatakan langsung oleh Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Depok, Gandara Budiana yang mengatakan bahwa ada sejumlah solusi yang nantinya akan diterapkan yang diantaranya adalah dengan membuat jalan sejajar rel kereta api, membangun underpass di Citayam dan memperlebar sejumlah ruas jalan.

“Sambil menunggu direalisasikannya jalan layan Markaswangi yang memakan waktu dan biaya yang cukup besar, ada baiknya juga untuk menjalankan beberapa potensi yang dapat mengurangi jumlah kemacetan di kota Depok yang diantaranya dengan memperlebar sejumlah jalan, membangun jalan di sepanjang sisi rel kereta api dan membuat underpass di Citayam,” ujarnya di Depok, Rabu (24/02/2016).

Ia juga menuturkan bahwa pembangunan jalan layang Markaswangi itu pastinya membutuhkan tenaga dan biaya yang ekstra karena proyek tersebut diperkirakan akan menjadi satu proyek yang amatlah besar biaya dan waktu pengerjaannya yang memakan waktu hingga 20 tahun kedepan. Belum lagi terkait persiapan lahan yang pastinya akan memakan waktu juga.

“Infrastruktur kota memang seharusnya berjalan seimbang dengan pertumbuhan jumlah penduduk di kotanya. Harus dipaksa. Apabila infrastruktur tidak dapat berjalan seimbang dengan perkembangan jumlah penduduknya, maka jumlah kemacetan akan semakin meningkat,” katanya.

Perlu diketahui bahwa rencana pembangunan Jalan Layang Markaswangi di kota Depok ini akan mengurai sejumlah titik macet yang diantaranya di Simpang Margonda, Siliwangi, Kartini. Selain daripada itu, pembangunan tersebut nantinya akan meniadakan antrian di pintu rel perlintasan kereta api yang diharapkan dapat mempersingkat waktu perjalanan dan menekan kemacetan yang ada di jalan jalan protokol di kota Depok.(Izl)

[ MuhammadKhotib/HD ]

Tags: