Pemkot Depok Upayakan Masyarakatnya Untuk Gemar Membaca

Pemkot Depok Upayakan Masyarakatnya Untuk Gemar Membaca

HarianDepok.com – Berita , Pemerintah Kota (Pemkot) Depok menilai bahwa sampai dengan saat ini, tingkat kesadaran oleh masyarakat dalam hal membaca di setiap tahun jumlahnya semakin menurun tajam. Hal ini menjadi salah satu permasalahan yang harus ditanggulangi sesegera mungkin agar dapat terwujudkan kota Depok yang baik dan maju.

Agar dapat meningkatkan minat baca masyarakat, Pemkot Depok pun terlihat telah berupaya keras dalam mewujudkannya yang dimana saat ini Gedung Perpustakaan yang letaknya berada di lingkungan Gedung Balaikota Depok telah di revitalisasi sehingga terlihat baik dan terawat dengan harapan dapat menarik kemauan masyarakat dalam membaca.

Kepala Arsip dan Perpustakaan Kota Depok, Siti Chaerijah dalam tanggapannya mengenai perihal tersebut mengatakan bahwa pihaknya sampai dengan saat ini memfokuskan diri untuk meningkatkan kemauan masyarakat untuk membaca yang diupayakannya dengan cara menjalankan kegiatan perpustakaan keliling secara rutin dan melakukan sosialisasi ke sejumlah tempat.

“Ini sudah menjadi fokus kami untuk bagaimana meningkatkan kegemaran masyarakat untuk membaca,” tuturnya di Depok, 24/02/2016).

Ia juga mengungkapkan bahwa tujuan program kegiatan yang direncanakannya agar dapat meningkatkan kegemaran masyarakat dalam membaca yaitu dilakukan melalui kerjasama antara sejumlah komunitas dan para pelajar yang ada di kota Depok. Dengan digalakkannya hal tersebut diharapkan dapat mengajak dan meningkatkan kegemaran masyarakat untuk membiasakan diri dalam membaca buku.

Walaupun di zaman modern yang saat ini banyak sekali perangkat canggih pendukung aktivitas manusia seperti halnya telepon genggam pintar yang dapat mengakses informasi apapun yang diperlukan oleh si pengguna, namun dirinya tetap berupaya agar masyarakat khususnya kaum pelajar agar dapat membudayakan baca buku.

Agar dapat mewujudkannya, Pemkot Depok pun juga telah melakukan pembenahan di Gedung Perpustakaan yang saat ini berdiri di kota Depok yang saat ini difasilitasi oleh sejumlah sarana dan prasarana pendukung yang lebih baik seperti adanya ruangan khusus untuk menonton tayangan film sejarah dan ada juga ruangan ruangan lainnya yang diperuntukkan untuk anak anak.(Izl)

“Dengan diberikannya fasilitas penunjang ini, diharapkan dapat merubah kebiasaan masyarakat yang awalnya tidak suka membaca menjadi gemar akan membaca,” tandasnya.(Izl)

[ MuhammadKhotib/HD ]

Tags: