Berlakukan Kantong Plastik Berbayar, Kadin Harap Pemda Tidak Pasang Harga Tinggi

Berlakukan Kantong Plastik Berbayar, Kadin Harap Pemda Tidak Pasang Harga Tinggi

HarianDepok.com – Bisnis , Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Rosan P. Roeslani mengimbau pemerintah daerah agar tidak menetapkan harga kantong plastik terlalu tinggi. Dia mengacu pada rencana Pemprov DKI Jakarta mematok Rp 5 ribu per kantong plastik. “Karena Rp 5 ribu itu besar juga buat masyarakat,” katanya di Jakarta, Selasa (23/02/2016).

Di sisi lain, Rosan menambahkan, masyarakat juga banyak yang belum memahami tujuan pemerintah menerapkan kebijakan kantong plastik berbayar. Untuk itu, dia mendorong pemerintah lebih intensif melakukan sosialisasi. “Menurut saya ini mesti dikomunikasikan dulu secara luas kepada masyarakat. Mereka harus punya perhatian juga bahwa ini untuk kebaikan, juga harus mendapat masukan sebelum ini ditetapkan,” katanya.

Akhir pekan lalu, pemerintah telah meluncurkan kebijakan kantong plastik berbayar. Itu serentak dilakukan 17 kota di Tanah Air. Berdasarkan kesepakatan Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) dengan Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup, harga minimal kantong plastik sebesar Rp 200 per lembar.

[ MuhammadKhotib/HD ]

Tags: