Masa Hukuman Bagi Pembuang Sampah Sembarangan di Depok Akan Ditambah

Masa Hukuman Bagi Pembuang Sampah Sembarangan di Depok Akan Ditambah

HarianDepok.com Dalam upayanya untuk mewujudkan kota Depok yang bebas dari sampah liar dan bersih dari segala macam sampah plastik di wilayahnya, Pemerintah Kota (Pemkot) Depok pun terlihat tengah melakukan kegiatan penekanan jumlah sampah yang dimana saat ini pihaknya akan melakukan plastik berbayar di sejumlah pasar yang ada di kota Depok.

Dengan dijalankannya instruksi dari pihak Kementerian Lingkungan Hidup ini, diharapkannya dapat meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menggunakan kantong plastik yang kebanyakan tidak dapat diurai secara alami oleh alam.

Guna memaksimalkan upaya kota Depok yang bersih dan terbebas dari sampah, Pemkot Depok pun rutin melakukan kegiatan operasi tangkap tangan pembuang sampah liar yang dilakukan oleh pihak Dinas Kebersihan dan Pemakaman (DKP) kota Depok yang bertujuan agar menyadarkan masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan.

Meski demikian, Pemkot Depok pun yang serius dalam menangani persoalan sampah dikotanya berencana akan meningkatkan hukuman kepada warga yang membuang sampah sembarangan berupa hukuman kurungan penjara yang awalnya hanya tiga bulan saja, menjadi satu tahun lamanya.

Menanggapi hal ini, Wakil Walikota Depok, Pradi Supriatna menikai bahwa sanksi yang diberikan kepada para pembuang sampah sembarangan masih terlalu ringan, dan tidak membuat jera para pelaku pembuang sampah liar ini menjadi jera. Sanksi yang saat ini diterapkan yang dimana masa hukuman hanya tiga bulan saja menjadi perhatiannya dan direncanakannya akan ditambah menjadi satu tahun lamanya.

“Aturan ini perlu direvisi mengenai sanksi dalam larangan membuang sampah secara sembarangan. Sanksi yang dijatuhkan masih ringan sekali jadi harus ada revisi agar mereka tidak mengulangi perbuatannya lagi dengan menambah masa hukuman paling tidak satu tahun lamanya,” tuturnya di Depok, Minggu (21/02/2016).

Maka daripada itu, dirinya selaku Wakil Walikota Depok menghimbau kepada seluruh masyarakat khususnya warga kota Depok agar selalu menjalankan pola hidup bersih dan selalu menjadikannya sebagai budaya hidup sehari hari dengan membuang sampah pada tempatnya. “Apabila seluruh masyarakat dapat disiplin dan selalu berpedoman kepada pola hidup yang bersih, saya optimis penghargaan Adipura dapat kita raih dengan mudah,”tandasnya.(Izl)

Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok