Jumlah Kasus Kekerasan dan Pelecehan Seksual Terhadap Anak di Depok Mencapai 39 Kasus

Jumlah Kasus Kekerasan dan Pelecehan Seksual Terhadap Anak di Depok Mencapai 39 Kasus

ilustrasi

HarianDepok.com – Berita , Maraknya kasus pelecehan seksual terhadap anak di kota Depok saat ini menjadi polemik tersendiri bagi Pemerintah Kota (Pemkot) Depok dalam mewujudkan kotanya sebagai Kota Layak Anak. Agar dapat menekan aksi kejahatan tersebut, Pemkot Depok sendiri telah melakukan sejumlah kegiatan dengan maksud agar dapat mencegah dan menekan jumlah kekerasan dan pelecehan seksual terhadap anak.

Menurut data yang dihimpun bahwa di kota Depok sendiri tercatat sebanyak 39 kasus kekerasan dan pelecehan seksual terhadap anak telah dilaporkan dan diterima oleh pihak Polresta Depok dalam rentang waktu dari Januari sampai dengan saat ini.

Kepala Unit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Polresta Depok, AKP Elly Pandiasari dalam tanggapannya mengenai perihal tersebut mengaku, pihaknya sampai dengan saat ini berusaha keras untuk menyelesaikan kasus kasus tersebut dengan menerjunkan sejumlah petugas guna melakukan penyelidikan dan mencari bukti bukti terkait permasalahan tersebut.

“Berdasarkan laporan yang kami terima sampai dengan hari ini, kami mengkalkulasi ada sebanyak 39 kasus pelecehan seksual dan kekerasan terhadap anak telah dilaporkan dalam kurun waktu kurang dari tiga bulan terhitung dari Januari 2016 sampai dengan saat ini. Dan kami telah menerjunkan sejumlah petugas guna menyelidiki kasus dan mencari bukti satu demi satu,” tuturnya di Depok, Minggu (21/02/2016).

Dari pengakuannya, bahwa kasus yang melibatkan anak dibawah umur ini telah menjadi prioritas utamanya dalam mendukung program kota Depok sebagai Kota Layak Anak tanpa mengabaikan kasus dan tindan kriminal yang lainnya. Namun, akibat adanya keterbatasan tenaga ia mengaku tidak dapat menyelesaikan begitu saja karena ada sejumlah tahapan dan pengumpulan bukti dalam menanganinya.

Meski demikian pihaknya akan terus berusaha semaksimal mungkin dalam membongkar kasus kekerasan dan pelecehan seksual terhadap anak yang saat ini jumlahnya terbilang cukup banyak. “Petugas kami dalam menangani kasus memerlukan waktu, tenaga dan pembuktian,” jelasnya.

Agar dapat mencegah bertambahnya kasus yang melibatkan anak anak dibawah umur, pihaknya berjanji akan terus melakukan penyelidikan dan penangkapan kepada para pelaku yang terbukti melakukan hal tersebut.

Untuk dapat memaksimalkan hal tersebut, Elly pun berharap akan adanya peran serta dari masyarakat khususnya para orangtua agar dapat berperan aktif dalam mengawasi dan mewaspadai perilaku buah hatinya agar terhindar dari tindakan yang melanggar hukum serta mengarahkan mereka ke kegiatan yang lebih positif dan kreatif.(Izl)

[ AndriIdaman/HD ]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)