Petugas Imigrasi Depok Amankan Lima WNA Asal Nigeria Berikut Empat Kantung Daun Kering

Petugas Imigrasi Depok Amankan Lima WNA Asal Nigeria Berikut Empat Kantung Daun Kering

HarianDepok.com – Berita , Petugas Imigrasi kota Depok dalam menjalankan tugas dan kewajibannya menegakkan hukum di wilayah kota Depok dengan target sasaran Warga Negara Asing ilegal saat ini tengah melakukan operasi ke sejumlah titik pemukiman yang diduga dijadikan sebagai tempat persembunyian WNA gelap dari berbagai negara.

Dari hasil kegiatan yang digelar oleh petugas tersebut, didapati sebanyak lima WNA asal Nigeria berhasil diamankan petugas Imigrasi Kelas II Kota Depok. Mereka terpaksa diamankan oleh petugas dikarenakan mereka tidak dapat memenuhi syarat administrasi yang diberlakukan di Indonesia.

Diketahui, kelima WNA asal Nigeria tersebut bernama Henry Chisom Wu, Nicholas Okechukun Okatun, Kennedy Anyanwu Alaribe Augustus Chogze dan Johnson Chikwuemeka. Selain tidak dapat menunjukkan dokumen kelengkapan tinggalnya WNA tersebut juga didapati memiliki empat kantung daun kering diduga mirip dengan ganja yang langsung diamankan oleh petugas untuk diselidiki lebih dalam.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas II kota Depok, Dudi Iskandar dalam tanggapannya mengenai perihal tersebut mengatakan, mereka terpaksa ditangkap karena pihaknya mendapati adanya laporan dari masyarakat setempat yang mengaku resah dengan adanya mereka di lingkungan tempat mereka tinggal.

Kelima WNA tersebut berhasil diamankan petugas dari tiga lokasi yang berbeda beda. Dari pengakuan mereka pada saat petugas menginterogasi mereka adalah pemain sepakbola yang rencananya akan dikontrak oleh salah satu klub sepak bola di tanah air.

Namun, petugas yang berkewajiban menegakkan aturan, terpaksa harus menggiring mereka ke kantor guna mempertanggung jawabkan perbuatannya di mata hukum yang berlaku di Indonesia. “Paspor kedua WNA ini sudah melebihi batas waktu tinggal yang sudah masuk selama 100 hari. Mereka mengaku akan segera dikontrak oleh salah satu klub sepak bola di Indonesia,” jelasnya di Depok, Minggu (21/02/2016).

Meski demikian kelima WNA tersebut tetap diamankan oleh petugas dan diselidiki apakah memang benar atau tidak pengakuan para WNA tersebut. Selain itu, pihaknya juga akan berkoordinasi dengan pihak BNN mengenai daun kering mirip ganja yang diamankan dari tangan WNA tersebut yang diakuinya sebagai obat kuat dan bukan sejenis narkoba.

“Menurut pengakuan mereka daun kering ini adalah obat kuat yang katanya bisa langsung dirasakan manfaatnya oleh tubuh setelah mengkonsumsinya. Mereka mengaku daun tersebut dapat langsung dimakan atau direbus dan diminum saripatinya. Guna memperjelas hal tersebut kami akan berkoordinasi dengan pihak BNN agar dapat mengetahui jelas jenis dan manfaat daun kering tersebut,” jelasnya.

Mereka sampai dengan saat ini dijerat dengan pasal 71 dan pasal 78 mengenai keimigrasian dengan ancaman hukuman penjara tiga tahun dan denda sebanyak 25 juta rupiah. Sedangkan mereka yang sudah melebihi batas tinggal, akan segera dideportasi ke negara asalnya.(Izl)

[ AndriIdaman/HD ]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)