Hati Hati, Jalan Raya Cipayung Depok Amblas Diterpa Hujan

Hati Hati, Jalan Raya Cipayung Depok Amblas Diterpa Hujan

HarianDepok.com Musim penghujan yang terjadi saat ini amat dirasakan oleh masyarakat kota Depok yang dimana banyak dari mereka mengeluhkan sejumlah kerusakan di beberapa fasilitas umum seperti jalan yang berlubang yang diakibatkan terkikis oleh curah hujan yang tinggi.

Selain daripada itu, bencana longsor pun kerap menjadi permasalahan yang timbul pada saat musim penghujan tiba. Dimana pada tahun sebelumnya, bencana longsor pun terjadi wilayah kota Depok akibat curah hujan yang tinggi. Guna memperbaikinya, Pemerintah Kota (Pemkot) Depok pun mengerahkan alat berat guna memindahkan material longsor dari pemukiman.

Saat ini bencana pun turut terjadi di Jalan Raya Cipayung – Jembatan Serong di kawasan Kelurahan Pancoran Mas, Depok, Jawa Barat yang dimana di jalan tersebut telah mengalami kerusakan yang cukup parah dan menimbulkan lubang menganga berdiameter 2×3 meter persegi dengan kedalaman lubang 30 sentimeter.

Kerusakan di jalan tersebut amatlah dikhawatirkan oleh sejumlah pengendara kendaraan yang melintas akan berdampak kepada timbulnya kecelakaan dalam berkendara dan bencana lainnya. Ini dikarenakan pada jalan tersebut kerap dilalui oleh banyak warga yang hendak menuju Depok, Citayam dan Sawangan.

Kepala Polisi Sektor Pancoran Mas, Depok, Komisaris Polisi Tata Irawan dalam menanggapi permasalahan tersebut mengatakan, jalan yang rusak tersebut sudah terjadi sejak beberapa hari yang lalu dan belum mendapatkan penanganan perbaikan dari pihak terkait.

“Beberapa petugas telah melakukan pengecekan jalan raya Cipayung yang mengalami kerusakan cukup parah ini. Kondisi ini sudah terjadi sejak beberapa hari yang lalu,” ujanya di Depok, Minggu (21/02/2016).

Guna mengantisipasi akan timbulnya kecelakaan di jalan tersebut, pihaknya telah melakukan upaya mengatur lalu lintas agar di jalan yang kondisinya sudah sangat mengkhawatirkan ini dapat terus berjalan dengan aman dan lancar.

Dari pengakuannya, kerusakan yang timbul bukan hanya disebabkan oleh curah hujan yang tinggi saja, namun sejumlah kendaraan dengan kapasitas berat pun menjadi salah satu faktor menurunnya kualitas jalan tersebut dan dan mengakibatkan jalan raya Cipayung lama kelamaan amblas.

“Di jalan ini pernah dilakukan perbaikan oleh pihak Dinas BMSDA kota Depok, namun dikarenakan di bawahnya terdapat saluran air, maka lama kelamaan kualitasnya menurun dihantam panas, hujan dan beban kendaraan yang melintas sehingga mengakibatkan amblasnya jalan tersebut,” jelasnya.

Maka daripada itu, pihaknya berharap kepada instansi terkait agar secepatnya melakukan perbaikan sehingga dapat mencegah timbulnya kecelakaan yang kerap terjadi karena jalan yang rusak.(Izl)

[ MuhammadKhotib/HD ]

Tags: