Depok Sukses Jalankan Pilkada, dan Sekarang Dituntut Kinerjanya

Depok Sukses Jalankan Pilkada, dan Sekarang Dituntut Kinerjanya

HarianDepok.com – Berita , Dari tahun ke tahun, Pemerintah dituntut oleh masyarkat agar dapat terus melakukan perbaikan baik itu perbaikan di penataan infrastruktur kota sampai dengan peningkatan kualitas pelayanannya agar dapat terwujud kota yang maju, berkembang dan dapat menjadi percontohan oleh kota yang lainnya.

Hal inilah yang menjadi landasan Pemerintah Kota (Pemkot) Depok dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat dalam menjalankan tugas dan kewajibannya sebagai petugas pelayanan masyarakat hingga kini. Berbagai upaya nyata pun dapat terlihat dan dapat dirasakan oleh masyarakat, mulai dari mudahnya dalam mendapatkan fasilitas kesehatan sampai dengan adanya sejumlah fasilitas pendukung pendidikan kota (Perpustakaan) yang dapat dikunjungi kapan saja.

Meski demikian, ada sejumlah bagian yang masih belum mendapatkan penanganan dengan maksimal oleh mereka dimana banyak jalan jalan yang rusak yang diakibatkan kurang baiknya penanganan di dalam pengerjaannya. Selain daripada itu, dugaan menggunakan material kualitas rendah pun kerap terdengar.

Di sisi lain di kota Depok khususnya di sektor pendidikan telah menjadi sorotan oleh sejumlah pihak dan warga kotanya yang dimana sampai dengan saat ini sektor tersebut dinyatakan telah gagal dalam meningkatkan kualitasnya dan berdampak kepada beresiko gagalnya membangun generasi generasi penerus kota yang baik.

Seperti yang diketahui, pada tahun 2015 lalu, Pemkot Depok melalui Dinas Pendidikan (Disdik) kota Depok gagal dalam menyerap anggaran yang diberikan sehingga berdampak kepada banyaknya gedung gedung sekolah yang terbengkalai dan sangat membahayakan bagi siswa siswi dan tenaga pengajarnya dalam menjalankan kegiatan belajar mengajar.

SDN 01 Pondok Cina, Depok, salah satu gedung sekolah yang menjadi sorotan kegagalan Pemkot Depok dalam mewujudkan kotanya sebagai Kota Layak Anak (KLA) yang dimana pada gedung bangunan tersebut sudah dalam kondisi yang cukup memprihatinkan dan cukup meresahkan para orangtua siswa akan keselamatan anak anaknya dalam mengenyam pendidikan.

Agar dapat mengurangi hal tersebut pun, para orangtua siswa siswi dan seluruh pengelola pun terpaksa melakukan aksi patungan untuk memperbaiki sekolah semampunya dengan harapan dapat menghindari anak anaknya dari bahaya runtuhnya bangunan tersebut.

Kepala Sekolah Dasar Negeri Pondok Cina 01, Depok, Mansyur Harianja mengatakan, seluruh siswa siswi murid SDN Pondok Cina 01 tetap menjalankan kegitanabelajarnya meskipun ruang belajar dan berbagai macam sarana dan fasilitas sekolah sudah rusak parah, namun instruksi dari Disdik kota Depok harus tetap dijalaninya meski dengan berat hati.

“Ya kami memang telah mendapatkan instruksi untuk melakukan aktivitas belajar mengajar di gedung sekolah yang lama saat ini,” jelasnya di Depok, Minggu (21/02/2016).

Melihat kondisi yang begitu rupa, banyak sekali masyarakat yang mengharapkan kepada Walikota Depok baru, Idris Abdul Shomad agar dapat segera melakukan pekerjaaan dan kewajibannya dalam membangun kota Depok yang lebih baik lagi daripada saat ini. Terlebih lagi akan adanya permasalahan di sektor pendidikan saat ini.

Gedung Sekolah SDN 01 Pondok Cina yang saat ini keberadaannya sudah sangat mengkhawatirkan tingkat keselamatan penggunaannya gagal direnovasi disebabkan oleh adanya permasalahan pada saat proses pelelangan dilangsungkan sehingga menyebabkan dana anggaran tidak terserap dengan baik.(Izl)

[ MuhammadKhotib/HD ]

Tags: