Awas Demam Berdarah Menyerang Depok, Galakkan 3M dan Hidup Bersih

Awas Demam Berdarah Menyerang Depok, Galakkan 3M dan Hidup Bersih

HarianDepok.com – Berita , Wabah penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) yang merebak ke sejumlah kota kota besar yang ada di Indonesia termasuk kota Depok saat ini mendapatkan perhatian khusus dari Pemerintah Kota (Pemkot) Depok yang saat ini berupaya memberikan sejumlah fasilitas kesehatan kepada masyarakatnya dengan maksud agar dapat meringankan beban para penderita DBD dalam mendapatkan pelayanan kesehatan.

Sejumlah fasilitas yang diberikan oleh Pemkot Depok dalam menanggulangi wabah penyakit tersebut diantaranya adalah dengan memberikan pelayanan secara cuma cuma kepada seluruh penderita DBD yang ada di kota Depok yang disalurkan langsung di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Depok.

Selain daripada itu, sejumlah instansi terkait pun juga turut diterjunkan guna mensosialisasikan dan memberikan edukasi kepada masyarakat untuk dapat menjalankan hidup sehat dan terus menggalakkan 3M (Menguras, Menutup, Membersihkan) di lingkungan tempat tinggalnya agar terhindar dari penyakit DBD.

Seperti yang diketahui bahwa di tahun 2016 ini, jumlah penderita DBD di wilayah kota Depok terus mengalami peningkatan ketimbang di tahun sebelumnya. Oleh sebab itu Pemkot Depok selaku instansi yang berlandaskan kepada kepentingan masyarakat wajib melakukan penanganan dalam pengentasan penyakit yang ditulari dari nyamuk ini di kotanya.

Dari pantauan wartawan dilapangan, ada sejumlah wilayah di kota Depok yang saat ini tengah melakukan pengasapan (fogging) guna mengantisipasi akan mewabahnya penyakit DBD yang dimana hal tersebut dilakukan di lingkungan RT 03/10 Kelurahan Curug, Kecamatan Bojongsari.

Kegiatan pengasapan yang dilakukan oleh Pemuda Pemudi Pasiron (Off Side) ini dimaksudkan agar lingkungan tempat tinggal dan kawasan mereka dapat terhindar dari wabah penyakit DBD yang saat ini santer diberitakan banyak mewabah di sejumlah kota kota lainnya. Tak hanya pengasapan saja, kegiatan bersih bersih pun turut dijalankan oleh mereka.

Ketua RT 03/10, Kohar pada saat di wawancarai oleh wartawan pada waktu itu mengatakan, kegiatan pengasapan dan menggalakan aksi bersih bersih dilakukannya bersama sama dengan Pemuda Pemudi Off Side dilakukan semata mata untuk mengantisipasi akan timbulnya jentik nyamuk pembawa penyakit DBD di wilayahnya.

“Kegiatan pengasapan dan gerakan bersih bersih ini dapat terselenggara karena mendapatkan respon dari sejumlah warga dan pemuda pemudi Off Side dikarenakan di sejumlah RW lain sudah banyak yang menjadi korban penyakit DBD. Maka daripada itu kami bersama sama dengan Off Side berupaya agar wilayah kami terhindar dari wabah penyakit tersebut,” jelasnya di Depok, Minggu (21/02/2016).

Ia pun mengaku bersyukur, meski kota Depok sedang dilanda oleh DBD namun di wilayahnya tidak turut menjadi korban dari penyakit tersebut. Meski demikian, ia beserta seluruh warga dan dibantu oleh Off Side terus melakukan tindakan preventif agar wilayahnya dapat terjaga dan terbebas dari ancaman penyakit DBD.

Dari pantauan dilapangan, Kohar beserta sejumlah warga dan Pemuda Pemudi Off Side terlihat tengah melakukan aksi bersih bersih dan pengasapan. Mulai dari membersihkan sejumlah fasilitas umum seperti jalan dan tempat ibadah mereka pun turut membersihkan saluran air yang kerap dijadikan sarang oleh nyamuk pembawa penyakit DBD.(Izl)

[ AndriIdaman/HD ]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)