Wow Google Glass Bisa Buat Operasi!

Google Glass Bisa Buat Operasi!

HarianDepok.com – Tekno , Penggunaan kacamata pintar Google Glass juga telah diperluas ke bidang kedokteran. Mahasiswa kedokteran di Universitas Stanford, akan dibantu oleh kacamata pintar itu dalam melakukan pembelajaran operasi kardiotoraks di ruang operasi.

Sebagaimana dinyatakan dari CNET, mahasiswa akan mengenakan Google Glass, ketika melakukan proses operasi. Video streaming yang secara langsung diambil dari kacamata pintar tersebut akan dilihat dosen pembimbing, yang kemudian memberi instruksi.

Karena tampilan video Google Glass memberikan pandangan perspektif yang pertama, itu membuat seperti apa yang dilihat oleh mata si pemakai. Instruksi dan petunjuk terkait proses operasi pun dapat lebih tepat dan akurat.

“Reaksi (dokter) telah menunjukkan bahwa hal itu dapat membuat perubahan besar,” kata John Fisher, direktur CrowdOptic, perusahaan yang join dengan Google untuk mengembangkan Google Glass, termasuk penggunaannya dalam ruang operasi.

Universitas Stanford sebenarnya bukanlah kampus pertama yang menerapkan Google Glass untuk tujuan medis. Lebih dari setahun yang lalu, Ohio State University pernah menyiarkan proses operasi melalui Google Glass secara langsung.

CrowdOptic memastikan privasi pasien serta video streaming dari Google Glass “terkunci” dan ditayangkan melalui spektrum khusus, tidak melalui jaringan WiFi. Beberapa aplikasi di Google Glass yang lain juga terkunci saat perangkat digunakan dalam operasi.

Sebenarnya Google Glass masih menimbulkan kontroversi di sana-sini. Pengembang mengatakan bahwa Google Glass akan diperluas apabila digunakan dalam situasi dengan tujuan tertentu dan lebih spesifik.

[AndriIdaman/HD]

Rate this article!
Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)