Tuhala Witch’s Well Sumur Ajaib Yang Bisa Menghilang Bagai Sihir

tuhala-witchs-well-sumur-ajaib-yang-bisa-menghilang-bagai-sihir

HarianDepok.com – Berita Unik – Geyser ‘ajaib’ yang terletak di Kose Parish, Estonia ini kerap muncul dan hilang begitu saja. Selama berabad-abad warga sekitar menganggapnya sebagai situs gaib yang tercipta karena campur tangan penyihir. Tetapi apakah Tuhala Witch’s Well benar-benar situs gaib?

Dilansir Atlas Obscura, sumur kecil yang terletak di desa Tuhala ini sebenarnya cuma sebuah geyser alami. Sumur itu meluap dan membanjiri area di sekitarnya setelah hujan lebat mengguyur.

Tuhala Witch’s Well merupakan salah satu contoh dari spring karst atau mata air karst. Air sumur bersumber dari sungai tersembunyi yang terletak jauh di bawah tanah. Kemunculan Tuhala Witch’s Well bisa berlangsung berhari-hari, tergantung curah hujan yang memenuhi sungai bawah tanah.


Tuhala Witch Well Wikimedia Commons/avjoska

Di masa lalu, fenomena seperti ini belum dapat dijelaskan oleh ilmu pengetahuan. Jadi satu-satunya kesimpulan yang bisa diambil adalah sumur tersebut tercipta karena kuasa gaib.


Tuhala Witch Well Wikimedia Commons/Pk2000

Sekarang Tuhala Witch’s Well tak lebih dari objek wisata musiman yang dipadati pengunjung saat musim hujan. Namun sebuah topi penyihir dari kayu yang ditempatkan di atas sumur masih ada hingga sekarang.

[Irma wulandari/HD]

Tags:
author

Author: 

Publisher & Content Writer