PKB: Penetapan Menteri Terserah Jokowi

PKB, Penetapan Menteri Terserah Jokowi.

HarianDepok.com – Berita – Nasional , Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) telah menegaskan bahwa kewenangan untuk menunjuk para menteri terletak di tangan presiden terpilih Joko Widodo. Ketua Umum PKB, Marwan Ja’far mengatakan bahwa partainya tidak akan berdebat tentang posisi menteri.

“Kami secara langsung memberikan keputusan penuh kepada Jokowi, selaku presiden terpilih ” kata Marwan saat mereson bahwa PKB telah mengingatkan Jokowi tentang jabatan menteri bagi partai.

Marwan mengatakan keberhasilan pemerintahan Jokowi ini akan tergantung pada dukungan dari partai politik di dewan eksekutif dan legislatif.

Marwan juga mengatakan bahwa Jokowi harus menerima dukungan yang diberikan oleh partai politik.

Jika Jokowi tidak bisa mendapatkan dukungan dari partai politik, Marwan memprediksi pemerintahannya tidak akan berjalan optimal. Jokowi membutuhkan dukungan dari partai-partai politik untuk dapat merencanakan anggaran negara kepada Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

“Hal tersebut hanya dapat diselesaikan oleh partai politik,” kata Marwan, yang juga anggota Komisi di DPR.

Adapun Ketua dari Partai Nasional Demokrat (NasDem), Akbar Faisal, mengatakan bahwa partai selalu berpegang pada komitmen awal, dan tidak meminta kursi di pemerintahan Jokowi.

“Itu akan bertentangan dengan semangat revolusi mental,” katanya.

Dia mengatakan bahwa kabinet adalah murni kewenangan dari presiden terpilih. NasDem juga menolak untuk mengusulkan daftar nama ke Jokowi. Akbar meminta semua pihak untuk memberikan Jokowi beberapa ruang untuk mengatur kabinetnya tanpa mempertimbangkan kepentingan partai.

Sementara  Wakil Sekretaris Jenderal Hasto Kristiyanto mengatakan bahwa kriteria dasar memilih menteri adalah kompetensi dan integritas. Namun, Hasto juga mengatakan bahwa janji yang dibuat selama kampanye harus direalisasikan.

[adm/HD]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)