Banjir dan Longsor Kembali Terjadi di kota Depok

Banjir dan Longsor Kembali Terjadi di kota Depok

HarianDepok.com – Berita , Cuaca ekstrim yang diakibatkan oleh pergeseran badai El Nino dan mendatangkan El Nina beberapa bulan terakhir ini sangat dirasakan dampaknya oleh seluruh masyarakat kota Depok yang pada beberapa waktu lalu sempat terjadi kekeringan di sejumlah wilayah di kota Depok yang mengakibatkan banyaknya lahan petani lokal yang rusak dan gagal panen.

Usai mengalami kekeringan, cuaca ekstrim seperti curah hujan yang cukup tinggi di minggu belakangan ini pun turut menjadi penyumbang terbesar dalam sejumlah musibah dan kerusakan yang terjadi di kota Depok. Akibat dari hal tersebut, sejumlah jalan protokol kota pun lumpuh akibat tergenang air sampai di ketinggian 60 sentimeter.

Tak hanya banjir, sejumlah turap di beberapa titik rawan banjir pun ikut ambrol diterjang oleh aliran air yang cukup deras. Musibah longsor pun menyusul menerjang kota ber ikon belimbing yang dimana telah melumpuhkan satu pemukiman di kawasan Ratu Jaya, Depok yang sempat menimpa rumah warga.

Samsuri (52th), yang diketahui rumahnya tertimpa material longsor tersebut mengaku kaget bukan kepalang, dan tidak dapat menceritakan kejadian detailnya seperti apa dikarenakan dirinya tengah beristirahat di dalam rumah beserta anak dan keluarganya.

Yang ia tahu hanyalah hujan deras yang mengguyur pemukimannya sekian lama dan menjadi dugaannya bahwa longsor tersebut diakibatkan oleh derasnya curah hujan yang tinggi pada saat itu.

Sejumlah petugas pun langsung dikerahkan setelah mendapatkan laporan dari masyarakat akan adanya musibah longsor di kawasan tersebut. Petugas dan masyarakat sekitar pun bahu membahu mengangkut material dan memperbaiki jalan dan rumah yang tertimpa longsor. Pihak kepolisian pun turut hadir di dalam peristiwa tersebut yang dimana mereka langsung bergegas mengevakuasi sejumlah warga yang rumahnya dikhawatirkan tertimpa longsor susulan.

“Longsor yang terjadi ini telah menimpa rumah pak Samsuri. Dugaan sementara bencana longsor ini terjadi akibat tingginya curah hujan yang mengguyur pemukiman ini. Untuk mencegah terjadinya hal hal yang tidak diinginkan, kami pun segera mengevakuasi sejumlah warga agar tidak tertimpa longsor susulan,” tutur Kapolsek Pancoran Mas, Depok, Kompol Tata Irawan di Depok, Minggu (21/02/2016).

Musibah longsor yang terjadi pada Jum’at sore lalu ini mengakibatkan kerusakan yang cukup parah di rumah milik pak Samsuri yang dimana diketahui bagian dinding kamar, dapur jebol akibat dihantam longsor. Pada bagian atapnya pun juga terlihat hal yang sama yang kondisinya sudah hancur berantakan.

Pada saat kejadian, beruntung tidak diketemukannya korban jiwa dan situasi serta kondisi di tempat kejadian cukup terbilang kondusif. Kami beserta petugas yang lainnya dan masyarakat sekitar melakukan kerja bakti membersihkan sisa sisa longsor,” katanya.

Dari peristiwa tersebut kerugian yang ditaksir akibat peristiwa longsor mencapai ratusan juta rupiah. Dan sampai dengan saat ini beberapa petugas pun masih terlihat berdatangan untuk mengawasi pemukiman tersebut dengan maksud agar dapat segera menindak lanjuti apabila ada peristiwa longsor susulan.(Izl)

[ MuhammadKhotib/HD ]

Tags: