Bimasda Depok Galakkan Kembali Budaya Bersih di Masyarakat

Bimasda Depok Galakkan Kembali Budaya Bersih di Masyarakat

HarianDepok.com – Berita , Menjaga lingkungan tempat tinggal dan sekitarnya dari berbagai sampah menjadi satu hal yang kerap disuarakan oleh Pemerintah dalam mewujudkan suatu kota yang bersih, nyaman dan terbebas dari segala macam penyakit yang ditimbulkan oleh sampah.

Meski kerap disuarakan dan disosialisasikan baik secara lisan maupun melalui berbagai media seperti spanduk dan sejenisnya, namun masih saja kesadaran akan menjaga kebersihan lingkungan menjadi hal yang langka dan hampir dilupakan oleh sebagian orang. Hal tersebut harus diwaspadai dan diperhatikan karena kesadaran akan menjaga lingkungan akan berdampak baik bagi diri sendiri maupun orang yang disekitarnya.

Selain daripada itu, menjaga kebersihan juga dapat mencegah terjadinya musibah seperti banjir, tanah longsor dan sebagainya. Maka daripada itu, penerapan dan memberikan pendidikan dalam menjaga kebersihan semestinya harus diberikan sedini mungkin secara terus menerus sehingga kesadaran dalam menjaga lingkungan dapat menjadi budaya oleh setiap orang.

Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (Bimasda) Bidang Jalan dan Lingkungan Kota Depok dalam mewujudkan hal tersebut mengajak seluruh masyarakat kota Depok untuk dapat berpartisipasi dan membudayakan hidup bersih dengan menjalankan kegiatan kerja bakti membersihkan tumpukan sampah yang berserakan di sepanjang jalan maupun yang ada di saluran.

Kegiatan yang dilakukan di kawasan Kelurahan Sawangan ini ditujukan bukan hanya untuk membantu petugas dalam menjalankan pekerjaannya, namun hal ini lebih ditujukan agar seluruh masyarakat dapat menjaga kebersihan lingkungan. Ini dikarenakan hal tersebut adalah tugas bersama sama.

Komandan Regu Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (Bimasda) Kota Depok, Oja Atmaja saat dikonfirmasi oleh rekan media dilapangan mengatakan bahwa kebersihan lingkungan itu adalah tugas bersama. Ini dikarenakan akan berdampak kepada masyarakatnya sendiri.

Oleh sebab itu Oja mengajak masyarakat untuk selalu rutin melakukan gerakan kebersihan. “Kami menginginkan seluruh masyarakat memiliki kesadaran dalam menjaga kebersihan lebih baik lagi, terlebih di lingkungan tempat tinggal sendiri yang manfaatnya dapat dirasakan sendiri,” ujarnya.

Ia pun berharap, dengan diadakannya kegiatan seperti saat ini, bisa untuk dijadikan pedoman dan dapat meningkatkan kesadaran seluruh masyarakat dalam menjaga lingkungan dari sampah. Selain daripada itu, diharapkannya juga dapat membangkitkan lagi budaya bersih yang saat ini semakin langka ditemui.(Izl)

[ AndriIdaman/HD ]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)