Walikota Depok, Idris Siapkan Dana 30 Miliar Guna Memperbaiki Sistem Drainase di Depok

Walikota Depok, Idris Siapkan Dana 30 Miliar Guna Memperbaiki Sistem Drainase di Depok

HarianDepok.com – Berita , Guna mengantisipasi akan datangnya musim hujan yang diprediksikan akan berakhir pada Maret mendatang, Pemerintah kota (Pemkot) Depok telah menyisihkan anggarannya sebesar 10, 237 miliar rupiah yang akan diaalurkan untuk menangani banjir di seluruh wilayah kota Depok.

Menurut informasi yang dihimpun bahwa, titik banjir yang ada di kota Depok ada 50 titik yang dimana sudah terjadi diantaranya ada di Taman Duta dan Bukit Cengkeh dikarenakan oleh adanya luapan air dari Kali Laya yang melintasi kawasan perumahan tersebut.

Kepala Seksi Bina Teknis dan Pengendalian Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Satria Firstadi mengatakan, hingga saat ini baru lima titik yang berhasil ditangani. Hal tersebut disebabkan oleh adanya keterbatasan dana dan sarana prasarana pendukung yang kurang memadai. Namun ia mengaku akan terus berusaha menangani permasalahan tersebut dengan maksimal.

“Di tahun lalu ada satu titik lokasi banjir yang sudah kami tangani, dan di awal tahun ini ada empat lokasi titik banjir yang sudah berhasil kami tanggulangi. Ini memang terbilang belum maksimal karena adanya penambahan titik baru yang disebabkan oleh pengikisan lahan serapan yang telah berubah fungsi menjadi lahan tempat tinggal,” katanya, Kamis (18/02/2016).

Selain daripada itu, adanya kegiatan normalisasi situ di kota Depok yang belum sepenuhnya terealisasikan dengan baik menjadi salah satu faktor yang menyebabkan buruknya serapan air yang mengakibatkan banjir di sejumlah titik lokasi di wilayah kota Depok. Belum lagi dengan buruknya sistem drainase yang memperparah kondisi banjir saat ini.

“Pada saat musim penghujan tiba, kami selalu mendapatkan laporan dari sejumlah warga yang melaporkan akan adanya titik banjir yang baru. Ini menjadi dilema bagi kami dimana pada setiap perbaikan di satu titik banjir usai, ada lagi titik banjir baru yang dilaporkan. Namun, kami akan terus berusaha semaksimal mungkin dalam menangani permasalahan tersebut,” ungkapnya.

Sementara itu, Walikota Depok, Idris Abdul Shomad mengatakan, agar kedepannya tidak menimbulkan titik banjir yang baru, pihaknya mengaku telah mempersiapkan dana untuk dijadikan sebagai dana perbaikan dan pemeliharaan drainase yang jumlahnya diperkirakan sebesar 30 miliar rupiah.

“Kami akan terus pantau perkembangannya dan kemungkinan besar akan kami lakukan perbaikan dan pemeliharaan di sistem drainase yang ada guna menekan timbulnya titik banjir di Depok. Untuk merealisasikannya, kami sudah mempersiapkan dana untuk perbaikan tersebut yang besarannya kurang lebih 30 miliar rupiah,” tuturnya singkat.

Meski demikian, Idris menghimbau kepada seluruh masyarakat Depok agar selalu memperhatikan gaya hidup yang bersih dan selalu menjaga lingkungan dari sampah yang dihasilkan. Selain dapat menyumbat aliran air, sampah juga berdampak kepada berpotensinya suatu wilayah terkena banjir.(Izl)

[ AndriIdaman/HD ]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)