Pelajar di Bawah Umur Kerap ditemui di Depok Mengendarai Motor Untuk Bersekolah

Pelajar di Bawah Umur Kerap ditemui di Depok Mengendarai Motor Untuk Bersekolah

ilustrasi

HarianDepok.com – Berita , Adanya pelanggaran dalam berlalu lintas yang didominasi oleh kaum pelajar di tingkatan Sekolah Menengah Pertama sampai dengan Sekolah Lanjutan Tingkat Atas di kota Depok menjadi perhatian dari berbagai kalangan yang mengaku khawatir terhadap para pelajar di bawah umur yang sering mengendarai kendaraan tanpa mengantongi Surat Izin Mengemudi (SIM).

Selain dapat merugikan diri si pengendara, hal tersebut juga dapat berpengaruh kepada keselamatan para pengguna jalan yang lainnya. Melihat dari sisi tersebut, banyak warga yang meminta kepada para penegak hukum dan Pemerintah Kota (Pemkot) Depok agar dapat menindaklanjuti permasalahan ini jangan sampai menimbulkan hal hal yang tidak diinginkan terjadi kedepannya.

Kapolresta Depok, Komisaris Besar Dwiyono dalam menanggapi adanya permasalahan tersebut mengatakan, bahwa pihaknya akan terus menjaga keamanan dan ketertiban wilayah hukumnya dari segala macam bentuk tindakan kriminal dan yang lainnya agar terus dalam keadaan kondusif.

“Kami akan menindak tegas siapapun yang melanggar ketertiban dan keamanan di wilayah Depok ini. Untuk menekan timbulnya kejadian yang tidak diinginkan dari para pelajar dan pengamen, kami sudah mengerahkan sejumlah anggota kami untuk rutin berpatroli menjaga para pelajar dari adanya aksi tawuran dan pelanggaran lalu lintas,” jelasnya di Depok, Kamis (18/02/2016).

Sementara itu Dede (36th) Warga kota Depok mengaku bahwa dirinya kerap menyaksikan sendiri banyak para pelajar di bawah umur yang mengendarai motor di jalan pada saat dirinya hendak bekerja di pagi dan sore hari. Lebih lebih mereka kerap tidak menggunakan helm sarana pendukung keselamatan dalam berkendara.

“Banyak mas anak sekolah yang hilir mudik menggunakan motor untuk bersekolah, lebih lebih anak SMP yang saya yakin belum memiliki SIM. Ini sudah melanggar hukum dan membahayakan para pengendara kendaraan yang lainnya, maka daripada itu, saya memohon kepada para petugas dan pihak sekolah agar secepatnya mengambil tindakan tegas bagi mereka yang melanggar,” harapnya.

Seperti yang diketahui bahwa di sepanjang jalan, baik itu di sejumlah jalan protokol di kota Depok sampai dengan jalan jalan perkampungan banyak ditemui pelajar yang mengendarai kendaraan bermotor tanpa dilengkapi dokumen kendaraan dan identitas pendukungnya.

Maka daripada itu, dirinya amat mengharapkan kepada pemkot Depok beserta dengan petugas kepolisian kota Depok agar terus melakukan penjagaan dan menjalankan kembali patroli khususnya ditujukan kepada para pelajar yang melanggar hukum sehingga mereka dapat jera dan tidak lagi menggunakan motor untuk bersekolah dan beralih menggunakan jasa transportasi massal.(Izl)

[ MuhammadKhotib/HD ]

Tags: