Koramil 05 Sawangan Terapkan Ketahanan Pangan Secara Rutin

Koramil 05 Sawangan Terapkan Ketahanan Pangan Secara Rutin

HarianDepok.com – Berita , Ketahanan pangan yang pada beberapa tahun sebelumnya sudah digalakkan dan menjadi program utama oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Depok agar dapat merubah pola hidup masyarakat yang notabene masih bergantung dengan beras yang diimpor dari luar negara Indonesia.

Selain Pemkot Depok Koramil 05, Sawangan pun juga turut melakukan hal yang serupa dimana mereka kerap melakukan pendampingan kepada sejumlah petani yang ada di wilayah Kecamatan Sawangan dan Bojongsari agar dapat meningkatkan kesejahteraan para petani dan tidak bergantung lagi kepada pangan dari luar.

Danramil 05 Sawangan, Kapt. Inf, Ibrahim pada saat dikonfirmasi oleh radar mengatakan bahwa sudah menjadi tugas Koramil 05 Sawangan dalam menggalakkan program ketahanan pangan di wilayah hukumnya dengan maksud agar masyarakat tidak lagi bergantung dengan hasil pangan impor dan memprioritaskan hasil pangan olahan sendiri.

Selain berkualitas, pangan lokal juga sangat baik untuk kesehatan. Ini dikarenakan pada saat dipanen, hasil bumi masih dalam bentuk yang segar dan banyak mengandung kebaikan di dalamnya, berbeda dengan pangan impor yang dimana kualitasnya akan terus menurun pada saat pengiriman berlangsung.

Ibrahim mengaku bahwa kegiatan tersebut selain ditujukan untuk membangun perekonomian para petani lokal agar dapat meningkat dan sejahtera, hal tersebut juga sudah menjadi salah satu bakti TNI kepada masyarakat sehingga masyarakat dapat menjalankan kehidupannya dengan baik dan tidak khawatir akan adanya gejolak harga pangan.

“Pendampingan ini kami lakukan semata mata adalah bakti kami kepada masyarakat agar mereka mendapatkan hasil yang maksimal. Dengan digalakannya ketahanan pangan sedini mungkin, akan berdampak kepada terciptanya kesejahteraan ekonomi di masyarakat,” terangnya.

Dari kegiatan tersebut, Ibrahim juga mengungkapkan bahwa pihaknya dalam mewujudkan ketahanan pangan di wilayahnya telah memberikan pendampingan kepada para petani lokal dengan cara mengasup mereka dengan edukasi mengenai cara bercocok tanam yang baik, pengolahan tanaman, pemberantasan hama dan yang lainnya.

Dengan berikan edukasi cara bercocok tanam dan pendampingan secara rutin, diharapkannya dapat meningkatkan pengetahuan para petani lokal sehingga dapat mendapatkan hasil yang maksimal dan dapat mewujudkan masyarakat kota Depok yang sejahtera.(Izl)

[ MuhammadKhotib/HD ]

Tags: