DPPKA Depok Optimis Dapat Capai Target Pajak PBB Sebesar 174 Miliar Rupiah

DPPKA Depok Optimis Dapat Capai Target Pajak PBB Sebesar 174 Miliar Rupiah

HarianDepok.com – Berita , Dinas Pendapatan dan Pengelolaan Keuangan dan Aset (DPPKA) kota Depok memprediksikan penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) di tahun 2016 ini jumlah tunggakannya akan mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya yang dimana pada tahun 2015 lalu, tunggakan pajak dengan total senilai 92,8 miliar rupiah dengan total wajib pajak sebanyak 560.000 yang seharusnya masuk ke kas daerah namun tidak terealisasikan dikarenakan oleh beberapa faktor.

Hal ini menjadi salah satu kendala yang dihadapi oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Depok dalam membangun infrastruktur kota agar lebih baik lagi yang dimana pada hasil dari penerimaan pajak tersebut nantinya akan dialihkan dan disalurkan untuk memperbaiki jalan, menata kota, merenovasi gedung gedung sekolah dan membangun sarana umum lainnya.

Kepala Bidang Pendapatan II Dinas Pendapatan dan Pengelolaan Keuangan dan Aset (DPPKA) Kota Depok, Endra mengatakan, prediksi meningkatnya jumlah penunggak PBB di tahun 2016 ini disebabkan oleh sejumlah faktor yang dimana diantaranya adalah adanya kenaikan Nilai Jual Objek Pajak (NJOP) serta pertumbuhan jumlah penduduk kota yang semakin meningkat.

“Biasanya jumlah tunggakan PBB di setiap tahunnya akan meningkat dari tahun tahun yang lalu. Ini disebabkan oleh sejumlah faktor sehingga berdampak kepada tidak maksimalnya penerimaan pajak di setiap tahunnya,” ujarnya di Depok, Rabu (17/02/2016).

Meski demikian, Endra mengaku akan terus berupaya melakukan sosialisasi kepada seluruh masyarakat khususnya kepada para wajib pajak akan pentingnya membayar pajak yang dimana akan disalurkan kembali untuk pembangunan infrastruktur kota agar dapat mewujudkan kota yang maju, mapan ekonomi, serta Sumber Daya Manusia  yang berkualitas.

Kendati demikian, Endra mengakui bahwa meskipun di setiap tahunnya banyak yang belum menunaikan kewajibannya dalam membayar pajak namun, penerimaan PBB di kota Depok terus mengalami peningkatan. Yang dimana pada tahun sebelumnya pihak DPPKA telah menerima pajak dengan total 162,6 miliar rupiah. Ini sudah melebihi dari target yang telah ditetapkan pada tahun 2015 yang hanya berkisar di angka 145 miliar rupiah.

Hal tersebut selain mendapatkan apresiasi dari internal Pemkot, pencapaian tersebut juga mendapatkan sikap positif dari berbagai kalangan di tanah air sehingga kota Depok sampai dengan saat ini telah menjadi kota percontohan oleh kota lainnya dalam berbagai hal yang diantaranya adalah ketahanan pangan sampai dengan administrasi kota.

“Di tahun 2016 ini, kami menargetkan penerimaan PBB di kota Depok sebesar 174 miliar rupiah. Kami optimis, target tersebut dapat kami capai sampai dengan Desember mendatang. Guna mencapai target tersebut, kami sudah menyiapkan beberapa strategi yang akan kami terapkan dengan harapan dapat memenuhi target yang sudah ditetapkan ini,” ungkapnya.

Seperti yang diketahui bahwa pada tahun 2015 lalu pihak DPPKA dalam upayanya meningkatkan kesadaran para wajib pajak di kota Depok telah melakukan beberapa strategi yang sebagian besar dapat dikatakan berhasil sehingga pihaknya dapat memperoleh hasil yang maksimal.

Beberapa strategi yang diterapkannya dilapangan salah satunya adalah dengan memberikan hadiah kepada wajib pajak berupa sepeda motor yang dibagikannya melalui pengundian dan disaksikan oleh sejumlah pejabat kota Depok termasuk Nur Mahmudi Ismail yang pada waktu itu masih menjabat sebagai Walikota Depok.(Izl)

[ MuhammadKhotib/HD ]

Tags: