Sungai Di Peru Ini Memiliki Suhu Yang Tinggi Hingga Mendidih

Sungai di Peru ini memiliki suhu yang tinggi hingga mendidih

HarianDepok.com – Berita Unik – Wilayah sungai dan hutan Amazon menyimpan berbagai misteri yang belum terpecahkan hingga saat ini. Pada wilayah hutan tropis terbesar di dunia tersebut diyakini terdapat peninggalan peradaban kuno dan suku asli yang hingga saat ini masih belum terpecahkan. Namun ternyata terdapat sebuah hal unik lainnya yang terdapat di hutan tersebut, yaitu sebuah sungai yang memiliki air mendidih.

Dilansir dari Daily Mail, sungai ini berada pada bagian hutan Amazon di Peru dan merupakan sebuah cerita legenda yang beredar di sana. Sangsi dengan kemungkinan adanya sungai yang memiliki suhu air hingga mendidih, seorang ahli bumi bernama Andres Ruzo mencoba membuktikan kebenarannya dan ternyata dia benar-benar berhasil membuktikan kebenarannya pada tahun 2011.

Sungai mendidih di Peru Devlin Gandy/ Th Boiling River Project

Sungai yang bernama Mayantuyacu ini sebenarnya sudah ada dalam berbagai cerita dari masyarakat Peru. Pada cerita yang beredar menyebutkan bahwa setelah membunuh kaisar Inca, penjelajah Spanyol coba mencari emas di berbagai penjuru dan menemukan sungai yang mendidih tersebut. Cerita tersebut juga banyak diceritakan oleh keluarga Ruzo hingga dia akhirnya coba membuktikan kebenarannya.

Bagi Ruzo yang merupakan mahasiswa doktoral di bidang geofisika, hal itu tidak mungkin karena lokasi dari hutan Amazon yang sangat jauh dari gunung berapi. Umumnya sungai atau danau yang mendidih berada di dekat gunung berapi namun ternyata di Peru berbeda.

Awalnya Ruzo tidak percaya dengan cerita tersebut hingga akhirnya seorang bibinya mengatakan bahwa sungai tersebut memang nyata dan bahkan pernah berenang di dalamnya. Berangkat dari hal tersebut Ruzo mulai menyusuri hutan Amazon pada sebuah situs penyembuhan masyarakat Ashaninka di Mayantuyacu.

Sungai mendidih di Peru Sofia Ruzo/ Th Boiling River Project

Sungai ini memiliki lebar 25 meter dan kedalaman enam meter. Suhu sungai ini cukup panas untuk membuat teh dan pada beberapa bagian memiliki air yang mendidih. Air yang mengalir di sungai ini berasal dari sebuah sumber air panas yang sangat dalam dan terhubung langsung bagian dalam bumi.

Saking panasnya suhu pada beberapa bagian, Ruzo bahwa menemukan beberapa hewan yang mati karena terjatuh ke sungai tersebut. Saat ini Ruzo tengah menyusun buku untuk menjelaskan situasi dan keanehan yang dimiliki oleh sungai tersebut. Selain itu dia juga tengah berupaya menyelamatkan hutan di sekitar sungai tersebut dari penebangan liar.

[Irma wulandari/HD]

Tags:
author

Author: 

Publisher & Content Writer