Dinkes Depok Gelar Operasi Katarak Gratis

Dinkes Depok Gelar Operasi Katarak Gratis

HarianDepok.com – Berita , Pemerintah Kota (Pemkot) Depok dalam upayanya mewujudkan masyarakat yang sehat dan terbebas dari penyakit khususnya penyakit katarak di wilayah kota Depok saat ini telah menginstruksikan kepada Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok untuk menggelar kembali pelayanan kesehatan gratis yaitu operasi katarak yang direncanakan akan diselenggarakan di Puskesmas Cimanggis.

Selain ditujukan untuk meningkatkan kesehatan masyarakat kota Depok, hal tersebut juga dimaksudkan agar dapat mewujudkan kota Depok yang sejahtera dan terbebas dari penyakit katarak.

Kepala Seksi Pelayanan Dasar dan Rujukan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok mengatakan bahwa diadakannya pengobatan operasi katarak gratis kali ini oleh pihaknya adalah bagian dati renstra Dinas Kesehatan tahun 2011 -2016 yang bertujuan agar dapat meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat khususnya kepada para penderita katarak.

“Kegiatan pelayanan operasi katarak secara gratis kali ini adalah bagian dari renstra Dinkes 2011 – 2016 yang bertujuan agar dapat meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat khususnya kepada para penderita penyakit katarak,” tuturnya di Depok, Senin (15/02/2016).

Dari penjelasannya, bahwa dalam penyelenggaraan operasi katarak gratis kali ini akan ditargetkan melayani pasien sebanyak 140 orang. Dengan diadakannya kegiatan tersebut diharapkan seluruh masyarakat kota Depok dapat memanfaatkannya dengan sebaik mungkin yang diketahui program ini sudah rutin dilaksanakan oleh pihaknya sejak tahun 2008 silam.

Ia juga mengungkapkan bahwa untuk mendapatkan pelayanan tersebut, masyarakat dapat mendaftarkan diri di Puskesmas sesuai dengan domisili yang akan mulai dilaksanakan pada Maret sampai dengan November 2016.

“Kami melakukan penjaringan para penderita katarak melalui Puskesmas, Klinik swasta dan kader yang terdiagnosa katarak. Usai melakukan penjaringan, pihak kami akan memberikan rujukan untuk didaftarkan menjalani operasi ke Puskesmas Cimanggis yang dimana di Puskesmas tersebut akan difokuskan untuk menangani para penderita katarak,” jelasnya.

Setelah penjaringan dilakukan, pasien nantinya akan discreening kembali oleh dokter spesialis mata, apabila kondisinya bagus tidak mengalami gangguan selain karatak maka pasien akan dijadwalkan untuk menjalani operasi pada minggu depannya. Dan apabila ada sesuatu hal yang menghambat, maka pasien akan dirujuk ke RSUD Depok.

Guna mendapatkan fasilitas tersebut, ia juga menuturkan apa saja yang harus dibawa oleh calon yang diantaranya adalah foto kopi KTP dan KK yang masih berlaku sebanyak dua lembar, menyertakan foto kopi surat rujukan yang dikeluarkan dari pihak Puskesmas sebanyak dua lembar. Apabila pasien adalah orang yang kurang mampu, maka harus melampirkan surat keterangan tidak mampu yang dibuktikan dengan surat keterangan sari Kelurahan.

Setelah pasien melengkapi data data tersebut, pasien juga diwajibkan untuk menandatangani surat persetujuan operasi yang telah disediakan oleh petugas dilapangan dengan maksud agar pasien benar benar siap untuk menjalani operasi katarak yang akan dilakukan oleh dokter spesialis mata di Puskesmas Cimanggis nanti.

Dengan diadakannya kegiatan tersebut, diharapkannya dapat menekan jumlah penderita katarak sehingga dapat terwujud kota Depok yang sehat dan terbebas dari segala macam gangguan penyakit.(Izl)

[ MuhammadKhotib/HD ]

Tags: