Disdamkar Depok Sosialisasikan Penanganan Kebakaran Kepada Anak Usia Dini

Disdamkar Depok Sosialisasikan Penanganan Kebakaran Kepada Anak Usia Dini

HarianDepok.com – Berita , Guna menekan terjadinya peristiwa kebakaran di wilayah kota Depok, Dinas Pemadam Kebakaran (Disdamkar) Kota Depok rutin melakukan sejumlah kegiatan dalam mensosialisasikan pengenalan dan pencegahan bahaya kebakaran kepada masyarakat.

Hal tersebut tidak hanya dilakukan kepada orang dewasa saja, namun kalangan anak anak usia dini pun juga menjadi salah satu target dari Pihak Disdamkar dalam mensosialisasikan hal hal tersebut terkait bahaya kebakaran.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran (Kadisdamkar) Kota Depok, Yayan Arianto dalam menanggapi perihal tersebut mengatakan, pihaknya dalam menekan peristiwa kebakaran dan mengantisipasi terjadinya hal tersebut rutin melakukan kegiatan sosialisasi kepada masyarakat terkait penanganan kebakaran.

Selain daripada itu, guna membentuk karakter yang peduli terhadap bahaya kebakaran, pihaknya pun juga memberikan pengetahuan kepada sejumlah anak anak di usia dini dalam menangani dan mengetahui apa saja yang harus dilakukan pada saat terjadinya kebakaran.

“Anak anak harus tahu dan mengerti apa yang harus dilakukannya pada saat terjadinya peristiwa kebakaran berlangsung. Selain daripada itu, mereka juga harus diberikan pengetahuan mengenai bagaimana menangani kebakaran. Ini sangatlah penting guna membentuk karakter yang kuat,” tuturnya di Depok, Minggu (14/02/2016).

Ia juga mengungkapkan bahwa kegiatan sosialisasi terkait penanganan kebakaran kepada anak anak di usia dini kerap dilakukannya dengan cara mendatangi sejumlah sekolah TK ataupun PAUD guna memberikan edukasi dan pemahaman terkait penanganan kebakaran.

Tak hanya sampai disitu saja, pihaknya pun mengaku memberikan simulasi kebakaran terhadap anak anak dengan harapan, mereka dapat mengetahui secara detail apa saja yang harus dilakukannya pada saat terjadinya kebakaran, baik itu dilingkungan tempat tinggalnya ataupun di tempat yang lainnya.

“Kegiatan ini akan terus kami lakukan guna memberikan pengetahuan kepada anak anak sehingga mereka mengetahui apa saja yang harus dilakukan pada saat terjadinya musibah kebakaran. Selain daripada itu hal tersebut kami yakini dapat membentuk karakter yang baik sehingga secara tidak langsung mereka dapat memahami apa saja bahaya yang ditimbulkan dari kebakaran,” jelasnya.

Meskipun sampai dengan saat ini pihaknya masih memiliki keterbatasan sarana dan prasarana penunjang, hal tersebut tidak mempengaruhi kegiatan sosialisasi kepada anak anak. Namun dirinya berharap kedepannya pihaknya mendapatkan tambahan sarana dan prasarana agar dapat bekerja lebih maksimal dalam menangani permasalahan kebakaran di wilayah kota Depok.(Izl)

[ MuhammadKhotib/HD ]

Tags: