Tim Buser Depok Berhasil Amankan Pelaku Pengedar Berikut Uang Palsu Senilai 280 Juta

Tim Buser Depok Berhasil Amankan Pelaku Pengedar Berikut Uang Palsu Senilai 280 Juta

HarianDepok.com – Berita , Adanya laporan dari masyarakat terkait beredarnya uang palsu di wilayah kota Depok, ditindak tegas oleh Polresta Depok yang menunjuk Tim Buru Sergap Polsek Pancoran Mas guna menangani hal tersebut. Tim pun saat mendapatkan instruksi tersebut segera terjun kelapangan guna menangkap para pelaku pembuat dan pengedar uang palsu.

Dari hasil penyergapan petugas pada waktu itu, tim berhasil menangkap seorang pria berinisial Y (34th) yang berprofesi sebagai seorang guru pengobatan alternatif yang bermukim di kawasan Ciledug, Tanggerang Selatan pada Jum’at (12/02/2016).

Kapolresta Depok, Komisaris Besar Dwiyono dalam tanggapannya mengenai adanya kasus peredaran uang palsu diwilayah hukumnya mengatakan, bahwa Y yang tinggal di kawasan tersebut diduga menjadikan tempat tinggalnya untuk mengedarkan uang palsu ke sejumlah wilayah termasuk kota Depok.

Pada prosesi penangkapan Y pada waktu itu, petugas juga berhasil mengamankan sejumlah barang bukti berupa 28 ikat uang palsu pecahan 100 ribu rupiah dengan total keseluruhan diperkirakan mencapai 280 juta rupiah. Agar tidak disalahgunakan dan diedarkan kembali, petugas pun segera membawa sejumlah barang bukti tersebut ke kantor polisi.

“Rencananya, uang palsu yang dimiliki oleh Y ini akan didistribusikan ke sejumlah wilayah yang diketahui akan diedarkan ke wilayah kota Depok. Agar tidak terjadi, maka kami sebagai petugas wajib menindak tegas pelaku dengan mengamankannya agar tidak digunakan. Ini dapat merugikan orang lain dan melanggar undang undang,” ujarnya, Minggu (14/02/2016).

Dari penjelasannya, Y telah masuk ke dalam Daftar Pencarian Orang (DPO) Polresta Depok dengan dugaan kasus peredaran uang palsu yang ada di kawasan kota Depok dan disejumlah kota kota yang lainnya disekitar Depok. Usai mendapatkan informasi yang cukup dari hasil pengembangan penangkapan dua orang pelaku yang berinisial HA (53th) dan S (52th), akhirnya pihaknya berhasil mengamankan Y.

Dari hasil perbuatannya, Y diancam dengan pasal 244 KUHP dan pasal 245 yang mengatur mengenai uang palsu dengan ancaman hukuman penjara 15 tahun.(Izl)

[ MuhammadKhotib/HD ]

Tags: