Pemkot Depok Segera Berlakukan Plastik Berbayar

Pemkot Depok Segera Berlakukan Plastik Berbayar

HarianDepok.com – Berita , Pemerintah Kota (Pemkot) Depok dalam keseriusannya meningkatkan kualitas kebersihan kotanya melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Depok saat ini berencana akan segera melakukan koordinasi dengan pihak pengelola pasar modern terkait dengan diberlakukannya plastik berbayar guna menekan volume sampah di kota Depok.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Depok, Agus Suherman dalam tanggapannya mengenai perihal tersebut mengatakan, hal tersebut memang sudah seharusnya dikoordinasikan terlebih dahulu dengan pihak pihak terkait sehingga program pemerintah dalam menekan jumlah sampah yang dihasilkan dapat terealisasikan dengan baik.

“Bila kebijakan tersebut akan diterapkan di Kota Depok, tentu harus diikuti semua sektor. Namun kami akan berkoordinasi terlebih dahulu dengan beberapa pihak, seperti DKP, BLH dan tentunya pasar modern,” ujar Agus.

Ia mengungkapkan bahwa sampai dengan saat ini belum ada koordinasi dari sejumlah pihak terkait mengenai rencana plastik berbayar ini. Namun, kedepannya diharapkannya ada komunikasi dengan pihak pihak tersebut sehingga kebijakan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dapat dijalankan.

“Ini kebijakan dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan terkait limbah plastik yang berbahaya, jadi nanti semua mengikuti dengan plastik berbayar,” tambahnya.

Dari penilaiannya, Agus menyatakan dukungannya terhadap kebijakan tersebut yang dianggapnya sebagai salah satu upaya pemerintah dalam menekan volume sampah anorganik di kota Depok. Meski demikian, kebijakan tersebut harus dikoordinasikan terlebih dahulu dengan instansi terkait perihal harga plastik yang nantinya akan ditetapkan.

“Harga yang dipatok jangan terlalu mahal bagi konsumen, harus disesuaikan agar konsumen tidak merasa dirugikan dengan kebijakan ini,” ujarnya.

Selain menentukan harga kantong plastik agar tidak terlalu memberatkan para konsumen, kebijakan inipun juga seharusnya disosialisasikan kepada seluruh masyarakat agar mereka dapat mengetahui program apa yang akan dijalankan mengenai plastik berbayar sehingga mereka tidak kaget dan tahu dengan jelas kapan program tersebut akan direaliasikan.(Izl)

[ AndriIdaman/HD ]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)