Dikritik Netizen, Line Akhirnya Hapus stiker “LGBT”

Dikritik Netizen, Line Akhirnya Hapus stiker "LGBT"

HarianDepok.com – TechNews , Setelah sebelumnya mendapat banyak protes di berbagai media sosial, Line Indonesia akhirnya melakukan swasensor dengan menghapus stiker yang dianggap menggambarkan hubungan lesbian, gay, biseksual, dan transgender (LBGT). “Kami tidak ingin ada keresahan dan polemik lebih lanjut,” ujar Teddy Arifianto selaku salah satu pihak Line Indonesia. Protes mengenai ‘stiker LGBT’ ini muncul beberapa hari terakhir di media sosial.

Bahkan Dai populer, Abdullah Gymnastiar lewat akun media sosial pribadinya mengatakan berhenti menggunakan aplikasi ini karena dianggap “terang-terangan mempromosikan LGBT”. Sejumlah komentar di Twitter dan Facebook memang didominasi oleh protes dan kritik terhadap stiker-stiker tersebut. Namun, beberapa pengguna mempertanyakan kehebohan ini karena dianggap tidak perlu.

“Kalau tidak suka LGBT? Ya sudah jangan download stikernya, susah amat,” ucap salah satu pengguna Twitter. Beberapa juga mengungkapkan bahwa ada gambar sejenis di emoji WhatsApp serta stiker Facebook, dan bertanya: mengapa platform itu masih dipakai? Sebagian mempertanyakan konsistensi Aa Gym yang mengancam memboikot Line namun tetap menggunakan Facebook.

“Kalau enggak mau disebut double standard seharusnya Aa Gym dan kalian yang menghujat LGBT keluar semua dari Facebook. Facebook terang-terangan dukung LGBT,” ucap salah satu pengguna Facebook bernama Nuri Azuya Setiawan. Facebook beberapa waktu lalu memang menyediakan aplikasi yang memungkinkan pengguna menandai foto profil dengan warna pelangi, lambang LGBT, sebagai bentuk dukungan atas disahkannya perkawinan homoseksual di Amerika Serikat.

[ MuhammadKhotib/HD ]

Tags: